Rabu, 1 Desember 2021

Jokowi Presiden Pimpin Upacara Hari Pahlawan di TMP Kalibata

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden, pagi hari ini, Selasa (10/11/2020), kembali memimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan, yang berlangsung di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Utama, Kalibata, Jakarta Selatan. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, pagi hari ini, Selasa (10/11/2020), kembali memimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan, yang berlangsung di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Utama, Kalibata, Jakarta Selatan.

Turut hadir di lokasi, Maruf Amin Wakil Presiden beserta sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju dan pejabat negara lainnya.

Upacara yang dimulai pukul 08.00 WIB berlangsung khidmat. Presiden selaku inspektur upacara memimpin sesi mengheningkan cipta untuk mendoakan para pahlawan, diiringi bunyi sirine selama 60 detik.

Sesudah upacara, Presiden dan rombongan berziarah ke sejumlah makam pahlawan serta melakukan prosesi tabur bunga, salah satunya ke makam Taufieq Kiemas mantan Ketua MPR RI.

 

Presiden dan rombongan berziarah ke sejumlah makam pahlawan serta melakukan prosesi tabur bunga. Foto: Biro Pers Setpres

 

Seluruh rangkaian kegiatan Upacara Peringatan Hari Pahlawan dan Ziarah, dilaksanakan dengan menerapkan protokol pencegahan Covid-19. Semua yang hadir di lokasi wajib memakai masker dan menjaga jarak fisik.

Seperti diketahui, Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan Nasional setiap tanggal 10 November.

Soekarno Presiden pertama Republik Indonesia menetapkan Hari Pahlawan Nasional lewat Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 pada tanggal 16 Desember 1959.

Pemerintah menetapkan Hari Pahlawan Nasional sebagai hari besar yang bukan hari libur, untuk mengenang sejarah pertempuran 10 November 1945 yang berlangsung di Surabaya, Jawa Timur.(rid/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Rabu, 1 Desember 2021
27o
Kurs