Selasa, 22 September 2020

Soft Opening KBS, Jumlah Pengunjung Belum Maksimal

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pakai masker dan faceshield seornag petugas memberikan arahan pengunjung KBS. Foto: Totok suarasurabaya.net

Sejak dibuka kembali pada Senin (27/7/2020) lalu, pengunjung Kebun Binatang Surabaya (KBS) memang belum maksimal. Terkait penerapan aturan baru untuk pengunjung KBS, sampai Jumat (7/8/2020) jumlah pengunjung setiap hari masih naik turun. Belum maksimal.

Meskipun Winy Hustiani Humas Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) Kebun Binatang Surabaya (KBS) enggan menyebut angka pasti jumlah pengunjung harian destinasi wisata paling banyak diminati masyarakat tersebut sampai hari ini kondisinya memang masih dalam penerapan protokol kesehatan pandemi Covid-19.

“Jumlahnya memang masih naik turun. Setiap hari tidak sama jumlahnya. Tetapi memang ada saja pengunjung yang datang di jadwal kunjungan pertama maupun kedua di setiap hari. Tentunya ini cukup menggembirakan, dan pengunjung memang wajib mematuhi aturan yang ada terkait protokol kesehatan,” terang Winy Hustiani.

Jika sebelum pandemi Covid-19, lanjut Winy pengunjung KBS selalu penuh pada akhir pekan seperti Jumat, Sabtu dan Minggu, saat ini seiring masih adanya pandemi Covid-19 sekaligus dengan diterapkannya aturan baru protokol kesehatan, jumlah pengunjung memang jauh dibawah rata-rata harian.

“Termasuk setelah penutupan kurang lebih hampir 3 bulan, jumlah pengunjung memang masih belum maksimal. Tetapi kami optimis bahwa pengunjung berangsur-angsur akan bertambah jumlahnya. Hitungan kami sejak dibuka pada Senin (27/7/2020) lalu sampai hari ini memang jauh dibawah rata-rata jumlah pengunjung saat sebelum pandemi,” tambah Winy.

Seiring dibukanya kembali destinasi wisata paling digemari masyarakat di Kota Surabaya maupun Jawa Timur ini, sederet perubahan terjadi untuk dapat masuk ek lokasi KBS. Mulai dari pembelian tiket sampai dengan pembatasan waktu kunjungan diberlakukan sebagai satu diantara upaya pelaksanaan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Layanan pembelian tiket masuk KBS yang biasanya bisa dilakukan langsung di tempat, pasca penutupan sementara operasional KBS, tiket masuk wajib dibeli secara online melalui aplikasi yang sudah disiapkan manajemen PDTS KBS dan dapat diunduh melalui gadget secara sederhana dan mudah.

Kalau sebelumnya pengunjung KBS leluasa datang kemudian berkeliling KBS dengan jadwal yang bebas bahkan leluasa pulang hingga menjelang jadwal tutup KBS, kali ini tidak. Seiring dengan penerapan aturan baru, kunjungan ke KBS dibatasi waktu. Yang artinya calon pengunjung wajib memilih jadwal kunjung di setiap hari.

“Memang kami telah menentukan beberapa aturna baru bagi pengunjung, sebagai satu diantara bagian penerapan protokol kesehatan. Pembelian tiket masuk mislanya dilakukan secara online. Sebelum masuk KBS ada pemeriksaan suhu tubuh dan kewajiban cuci tangan. Pengunjung juga wajib memilih jadwal kunjungan karena saat ini, pengunjung dibatasi waktu,” tambah Winy.

Sementara itu, pada setiap jadwal kunjungan ke KBS sampai saat ini, ditegaskan Winy memang masih belum mencatat jumlah pengunjung yang signifikan. “Setiap hari ada dua jadwal kunjungan. Tetapi memang dari masing-masing jadwal kunjungan tersebut dari catatan kami memang belum maksimal jumlahnya,” pungkas Winy, Jumat (7/8/2020).(tok/rst)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Meinara Iman Dwihartanto

Potret NetterSelengkapnya

Kemacetan di Raya Taman arah Bundaran Waru

Bypass Krian arah Mojokerto Macet

Underpass Satelit arah Mayjen Sungkono Macet

Kemacetan di Manukan

Surabaya
Selasa, 22 September 2020
31o
Kurs