Jumat, 29 Maret 2024

Stok Plasma Konvalesen Aman, Tapi Tetap Butuh Pendonor

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ilustrasi. Donor plasma konvalesen dilakukan di UTD PMI Kota Surabaya. Foto: Dok/Totok suarasurabaya.net

Sampai hari ini, Jumat (30/10/2020), stok persediaan plasma konvalesen di PMI Kota Surabaya masih aman. Namun demikian, pendonor masih tetap dibutuhkan.

dr Martono Kepala Humas PMI Kota Surabaya menyampaikan, stok plasma konvalesen memang masih aman, dikarenakan satu di antaranya adalah perkembangan positif dari zona merah menjadi hijau.

“Perubahan itu sangat signifikan, seiring dengan berubahnya zona merah menjadi hijau. Karena itu stok plasma konvalesen memang masih aman. Catatan kami hari ini ada 25,” terang dr Martono, Jumat (30/10/2020).

Lebih lanjut, dr Martono menambahkan bahwa proses pengambilan plasma konvalesen berbeda dengan pelaksanaan donor darah. Ada beberapa hal yang harus diproses lebih detail.

“Selain surat bukti sehat dari rumah sakit atau dokter, ada pemeriksaan lainnya yang memang tidak sama. Karena itu berbeda dengan donor darah. Untuk donor plasma konvalesen perlu pemeriksaan lebih rinci, ” tambah Martono.

Sementara itu, Martono mengingatkan bahwa pihaknya melakukan upaya jemput bola bagi calon pendonor plasma konvalesen sebagai cara memudahkan pelaksanaan donor.

dr Martono juga menambahkan bahwa untuk layanan donor darah dan donor plasma selama libur long weekend tetap buka seperti biasa. (tok/ang/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
29o
Kurs