Jumat, 19 April 2024

Surabaya Maksimalkan Layanan 112, Untuk Virus Corona

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya saat berkunjung ke Lembaga Penyakit Tropis dan Rumah Sakit Universitas Airlangga, Selasa (3/3/2020). Foto : Denza suarasurabaya.net

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya dalam kunjungannya ke Lembaga Penyakit Tropis dan Rumah Sakit Universitas Airlangga Selasa (3/3/2020) mengajak warga tidak usah resah dan bingung karena virus corona.

Salah satu yang dia pastikan, Pemkot Surabaya dan Rumah Sakit Unair akan memberikan pelayanan bagi warga yang merasa mengalami gejala-gejala virus corona.

Risma berharap tidak ada kasus corona di Surabaya. Tapi kalau ada warga yang merasakan gejala panas, batuk, pilek, disertai nyeri kepala dan sesak napas, bisa segera memeriksakan diri ke Rumah Sakit Unair.

“Langsung saja. Enggak usah merasa gimana-gimana, begitu merasa tidak enak badan dengan gejala tadi langsung saja datang ke RS Unair. Kalau tidak punya uang telepon 112, kami akan menjemput,” ujarnya.

Pemkot Surabaya sudah berkoordinasi dengan RS Unair serta menyiapkan petugas tambahan di Command Center 112 untuk melayani warga. Dia memastikan layanan ini gratis. Pemkot juga akan membiayai penanganan di RS Unair.

Selain itu, dalam konferensi pers bersama Rektor Unair serta beberapa ahli di Lembaga Penyakit Tropis Unair, Risma mengimbau warga mengonsumsi berbagai ramuan tradisional yang biasa disebut empon-empon. Baik temulawak, jahe, sirih, kunyit, dan sebagainya.

“Untuk daya tubuh itu, Unair sudah memastikan bahwa memang sudah ada penelitian berkaitan empon-empon ini yang menyatakan bahwa zat yang terkandung bida meningkatkan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh akan mengusir virus,” ujarnya.

Setelah memberikan keterangan dalam konferensi pers ini, Risma sempat berkeliling rumah sakit Unair di kompleks kampus C Unair Surabaya untuk melihat langsung berbagai fasilitas yang ada.(den/iss/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs