Selasa, 15 Juni 2021

Unair Kembangkan Reagen+ untuk Deteksi Covid-19 Lebih Cepat

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Mohammad Nasih Rektor Universitas Airlangga. Foto: Dok/Istimewa

Universitas Airlangga Surabaya mengembangkan reagen yang diberi nama “reagen+” yang diklaim dapat memberikan hasil deteksi Covid-19 lebih cepat.

“Reagen+ memiliki keunggulan hasil PCR yang hanya membutuhkan waktu dua jam, jauh lebih singkat dibandingkan reagen sebelumnya yang membutuhkan waktu hingga 24 jam,” ujar Prof Mohammad Nasih Rektor Unair di Surabaya, Rabu (11/11/2020).

Untuk pengadaan proses, lanjutannya, pihaknya akan bekerja sama dengan Kimia Farma.

Selain itu, proses tes PCR biasanya ada tiga tahapan, yakni pengambilan serat, mencampur proses persiapan dan terakhir masuk mesin PCR.

Sedangkan, dalam proses Reagen+, persiapan di tahap kedua bisa dipotong, sehingga hanya membutuhkan dua tahap sebelum masuk ke PCR.

“Reagen+ untuk PCR ini juga kerja sama dengan TNI agar bisa digunakan oleh mereka. Jika prosesnya lancar, bisa dimanfaatkan ke tempat-tempat yang lain,” katanya seperti yang dilansir Antara.

Sementara itu, Prof Maria Lucia Inge Lusida Ketua Institute of Tropical Disease (ITD) dan tim peneliti Unair mengatakan ada satu langkah yang dihilangkan dan diganti dalam reagen+ agar waktu pemeriksaannya bisa lebih singkat.

“Reagen ini memotong langkah dan menggantinya. Biasanya ada tiga langkah, dengan reagen ini hanya dua langkah karena step yang dipotong digantikan dengan langkah yang lainnya,” ucapnya.

Prof Inge menjelaskan reagen ini sudah dilakukan percobaan awal dengan hasil yang baik dan pihaknya akan memperbanyak reagen tersebut.

Percobaan, kata dia, dilakukan dengan beragam sampel yang telah dimiliki ITD Unair.

“Sementara ini hasilnya bagus. Nah, ini bisa diteruskan lagi tesnya. Ya sudah kami kasihkan ke Kimia Farma agar bisa diproduksi lebih banyak,” katanya.

Modifikasi reagen ini juga diperuntukkan agar masyarakat dapat melakukan tes PCR dengan harga lebih terjangkau, yakni sekitar Rp100 ribu dan bisa mendapatkan hasil lebih cepat.(ant/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran di Tanjungsari

Kemacetan di Tol Waru arah Dupak

Gerhana Bulan Total di Waru

Surabaya
Selasa, 15 Juni 2021
28o
Kurs