Kamis, 28 Maret 2024

Webinar Internasional Menulis Kreatif Diminati Peserta 5 Negara

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Webinar berskala internasional digelar Untag Surabaya, di tengah pandemi Covid-19 mengupas proses tulis menulis. Foto: Humas Untag Surabaya

Program studi Sastra Inggris Untag Surabaya gelar webinar berskala internasional bertajuk: International Webinar on Creative Writing in an Online Learning Mode. Ajak peserta pahami proses menulis.

Mateus Rudi Supsiadji, SS., MPd., Ketua Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Untag Surabaya mengatakan bahwa kegiatan kali ini adalah kontribusi sekaligus pengabdian masyarakat.

“Penyelenggaraan webinar ini merupakan kontribusi nyata pengabdian Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Untag kepada masyarakat, sebagaimana tertuang dalam tridharma perguruan tinggi, mengajar, mengabdi, dan meneliti,” terang Mateus Rudi Supsiadji.

Tema sentral webinar kali ini Creative Writing dengan memilih topik yang belakangan makin banyak didiskusikan di bidang akademik, publikasi, dan kesastraan. Begitu dipublikasikan, dalam waktu singkat pendaftar webinar ini berjumlah 647 yang berasal dari beberapa negara termasuk Indonesia, Thailand, India, Srilanka, dan Malaysia.

Peserta sebagian di antaranya mengikuti webinar berskala internasional ini via platform Zoom, dan sebagian lagi mengikuti via Youtube Livestreaming.

Dr. John Charles Ryan, sastrawan dan peneliti yang menulis secara ekstensif tentang kehidupan tanaman dan hubungan manusia di dunia alam mempresentasikan tentang bagaimana proses dan pelaksanaan sebuah penulisan puisi.

Prihandari Satvikadewi, Dosen Untag Surabaya yang juga penulis cerita pendek yang cukup produktif dengan nama pena Vika Wisnu mengetengahkan materi Doing Research in a Short Story Writing.

Sementara Niki Raga Tantri dari Hebei Foreign Studies University aktif mengajar secara online di dan Universitas Terbuka. Begitu juga dengan Natalia Christiani dan Novalita F Tungka, para akademisi yang cukup aktif menulis dan aktif terlibat dalam pembelajaran menulis online menyampaikan materi tentang metode pembelajaran menulis kreatif melalui berbagai platform.

Dari 261 peserta yang mengisi formulir feedback kegiatan, 75 persen menyatakan kegiatan webinar ini sangat bermanfaat, 85 persen menyatakan pematerinya sangat kompeten, 67 persen menyatakan puas dengan organisasi penyelenggaraan webinar, dan berharap international webinar dibuat berseri dengan topik Public Speaking, Academic Writing, Digital Learning Media, Multicultural Online Learning, Writing Journal articles, dan beberapa topik lainnya tentang penulisan.

Webinar berskala internasional ini, program studi Sastra Inggris Untag Surabaya berkerja sama dengan empat universitas, yaitu Southern Cross University Australia, Hebei Foreign Studies University China, Universitas Ciputra Surabaya, dan Universitas Sintuwu Maroso Poso.

Dr. Pariyanto, M.Ed., Ketua Panitia webinar menjelaskan, bahwa para pemateri pada webinar internasional ini adalah para praktisi, peneliti, penulis, dan akademisi yang berkecimpung di tulisan serta proses menulis.

“Para pemateri adalah praktisi, peneliti, penulis dan akademisi yang memang terlibat dan berkecimpung secara langsung di dunia tulis menulis. Ini tentunya sangat menarik dan memberikan manfaat, karena para nara sumber langsung berpraktek dan menangani proses penulisan,” kata Pariyanto, Jumat (19/6/2020).(tok/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs