Minggu, 28 April 2024

29 Sepeda Motor dan 3 Mobil Tersapu Banjir Bandang di Kota Batu

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Banjir bandang terjadi di Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Kamis (4/11/2021) sore. Foto: Twitter/Raden_TV

Sebanyak 29 unit sepeda motor dan 3 mobil tersapu banjir bandang di Kota Batu pada Kamis (4/11/2021) sore.

Dino Andalananto Manager Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Jawa Timur waktu dikonfirmasi Radio Suara Surabaya, Jumat (5/11/2021) pagi mengatakan, “Sebanyak 29 unit sepeda motor, 3 mobil, juga 17 rumah, 4 kandang ternak, dan 8 ekor ternak ikut tersapu banjir.”

Kata Dino peristiwa banjir bandang yang melanda Kota Batu itu juga menimbulkan korban jiwa dan beberapa warga hilang terseret arus banjir.

Sebanyak 12 orang hanyut terseret arus banjir. Dari belasan korban tersebut, 8 orang ditemukan selamat, dua ditemukan meninggal dunia dan empat lainnya masih dalam tahap pencarian hingga Jumat (5/11/2021) pagi ini.

Ia mencatat, ada 6 wilayah di Kota Batu yang terdampak banjir bandang tersebut, yakni Dusun Sambong (Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji), Jalan Raya Dieng (Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu), dan Dusun Beru (Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji). Kemudian, Desa Sumber Brantas (Kecamatan Bumiaji), Jalan Raya Selecta (Desa Tulungrejo, Kecamatan Batu) dan Dusun Gemulo (Desa Punten Kecamatan Bumiaji).

Dino menjelaskan, banjir terjadi dipicu hujan dengan intensitas tinggi yang kemudian mengalir melalui Sungai Brantas dan meluap.

“Ini masih DAS Brantas, kali-kali pecahannya tapi masih bagian dari Sungai Brantas,” paparnya.

Selain melakukan pencarian, tim gabungan juga melakukan pembersihan dengan menggunakan alat berat dan menyiapkan posko pengungsian serta persediaan bantuan. (tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
31o
Kurs