Jumat, 29 Maret 2024

3.197 Orang Dites Acak Saat Penyekatan di Jatim, 21 Orang Terkonfirmasi Positif Covid-19

Laporan oleh Anton Kusnanto
Bagikan
Irjen Pol Nico Afinta, Kapolda Jatim saat meninjau penerapan protokol kesehatan di sejumlah tempat wisata di Kota Batu, Sabtu (15/5/2021). Foto: Humas Polda Jatim

Polda Jatim kembali mengeluarkan data hasil penyekatan di Jawa Timur pada periode larangan mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, mulai hari pertama penyekatan pada Kamis (6/5/2021) sampai hari kedua Idulfitri, Jumat (14/5/2021).

“Kami telah melakukan beberapa kegiatan yaitu penyekatan terhadap kendaraan yang hendak melakukan perjalanan luar kota maupun luar provinsi, di antaranya ada 215.997 kendaraan yang telah diperiksa. Dari jumlah tersebut, yang sudah diputar balik ada 43.665 unit. Untuk travel gelap yang diamankan sebanyak 19 armada,” ujar Iren Pol Nico Afinta Kapolda Jatim saat melakukan peninjauan ke sejumlah tempat wisata di Kota Batu, Sabtu (15/5/2021).

Selain penyekatan, Polda Jatim juga melakukan tes cepat Covid-19 secara acak kepada para pengguna jalan di pos penyekatan yang didirikan pada periode larangan mudik Idulfitri 1442 Hijriah.

Nico, menegaskan tes kepada pengguna jalan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Untuk swab antigen telah dilakukan pada sebanyak 3.197 orang. Dari total tersebut, terdapat sebanyak 21 orang terkonfirmasi positif Covid-19,” jelasnya

Menurut Nico, sejumlah petugas gabungan dari TNI, Polri, hingga Dishub tetap disiagakan di sejumlah titik yang ada.

Pengguna jalan harus mematuhi aturan yang sudah ditetapkan, yaitu membawa surat tugas, dan surat bebas dari Covid-19, hingga Surat Izin Keluar Masuk (SIKM).

Diharapkan masyarakat bisa mematuhi imbauan pemerintah terkait larangan mudik, demi memutus mata rantai penularan Covid-19.

Seperti diberitahukan sebelumnya, Kapolda Jatim melakukan peninjauan ke sejumlah tempat wisata di Kota Batu bersama pejabat forkopimda lainnya.

Turut meninjau, Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim, Mayjen TNI Suharyanto Pangdam V/Brawijaya, Dewanti Rumpoko Wali Kota Batu, serta Heru Tjahjono Plh Sekdaprov Jatim.

Pada kesempatan tersebut, Kapolda memastikan protokol kesehatan di lokasi wisata dilakukan oleh pengelola dan dipatuhi oleh pengunjung. (ton/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs