Rabu, 24 April 2024

33 Penghafal Kitab Suci Lima Agama di Surabaya Daftar PPDB SMP Jalur Prestasi

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Rangkaian pendaftaran untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur penghafal kitab suci agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu. telah dimulai sejak Kamis (3/6/2021). Foto : Humas Pemkot Surabaya

Sebanyak 33 anak penghafal kitab suci dari lima agama mendaftarkan diri sebagai calon peserta didik dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sekolah menengah pertama (SMP) jalur prestasi di Kota Surabaya.

Tri Aji Nugroho Plt Kepala Bidang (Kabid) Sekolah Menengah Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya bilang, sampai Jumat (4/6/2021), calon peserta didik yang sudah mengisi formulir keikutsertaan sebanyak 33 orang.

Sebanyak enam orang pendaftar Agama Hindu, tujuh orang Agama Islam, empat orang Agama Katolik, 16 orang agama Kristen.

“Secara umum, ketentuan jalur penghafal kitab suci dapat diikuti oleh calon peserta didik yang memiliki kartu keluarga Kota Surabaya serta sudah melakukan validasi dan mendapatkan PIN pendaftaran,” katanya dikutip Antara, Sabtu (5/6/2021).

Menurut dia, rangkaian pendaftaran untuk PPDB jalur penghafal kitab suci telah dimulai sejak Kamis (3/6/2021).

Langkah pertama adalah CPDB mengisi formulir keikutsertaan melalui laman https://eoffice.dispendik.surabaya.go.id/penghafal_kitab_suci yang akan ditutup pada Minggu (6/6/2021).

Setelah mengisi formulir keikutsertaan, CPDB langsung otomatis menerima jadwal tes. Untuk tes penghafal kitab suci, Dispendik Surabaya bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama Kota Surabaya.

“Jadwal tes dimulai pada Senin (7/6/2021) sampai Jumat (11/6/2021) di Kantor Kementerian Agama Surabaya. Bagi yang lolos tes kemudian akan mendapat sertifikat untuk digunakan mendaftar pada jalur prestasi yang dibuka pada 16-20 Juni,” jelasnya.

Aji mengatakan, berdasar hasil koordinasi dengan Kantor Kementerian Agama Surabaya, tiap agama mempunyai kriteria hafalan yang berbeda.

Untuk Agama Islam jumlah hafalan 5 juz di dalam Alquran, Agama Kristen dengan jumlah hafalan 30 juz Alkitab yang diambil dari materi pelajaran Pendidikan Agama Kristen sesuai Kurikulum Nasional 2013 kelas 4, 5, dan 6.

Sedangkan Katolik, dapat memilih salah satu Mazmur pada Hari Raya Pentakosta, Natal, Paskah, Harian, Pelindung (peringatan wajib) dan Jumat Agung.

Agama Hindu dengan jumlah hafalan sebanyak 10 Sloka Kitab Suci Weda. Konghucu jumlah hafalan delapan Pengakuan Iman dan Keimanan Pokok Agama Konghucu baik yang Bahasa Mandarin dan Bahasa Indonesia.

Sedangkan untuk Agama Buddha, CPDB dapat memilih salah satu jenis hafalan dari empat pilihan. Pilihan pertama adalah 5 ayat Kitab Suci Dhammapada, kedua adalah 5 Paritta pada Paritta Suci Tripitaka, pilihan ketiga adalah 10 Sutra Pendek (Mahayana), dan terakhir adalah Doa Berkah (Maitreya). (ant/frh)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs