Senin, 30 Januari 2023

60 Nakes dan Puluhan Relawan Siap Layani Hari Terakhir Vaksinasi Terima Kasih di GOR Delta Sidoarjo

Laporan oleh Anton Kusnanto
Bagikan
Vaksinasi Terima Kasih di GOR Delta Sidoarjo pada Jumat (3/9/2021). Foto: Dokumen suarasurabaya.net

Pelaksanaan vaksinasi Terima Kasih pada hari terakhir, Jumat (3/9/2021), berjalan lancar dengan antrean yang terkendali. Sejak dibuka pada pukul 08.00 WIB, antrean yang memadati GOR Delta Sidoarjo terlihat sudah terlayani dengan lancar tanpa menunggu lama.

Ida Fitriyah, salah satu peserta merasa senang bisa mengikuti gelaran vaksinasi massal ini. Ia mengaku, pelayanannya cepat meski ramai peserta.

“Prosesnya tak sampai satu jam, dari mulai datang sampai mendapatkan suntikan vaksin,” aku Ida.

Dia juga berharap vaksin massal khususnya di Sidoarjo dapat rutin digelar, karena banyak warga Sidoarjo yang masih mencari vaksin.

Kelancaran vaksinasi Terima Kasih ini tak lepas dari kesigapan para petugas di lapangan.

Dr. M Aho’illah Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit, Dinas Kesehatan Sidoarjo, sekaligus koordinator dalam pelaksanaan vaksinasi Terima Kasih mengaku sudah menyiapkan 60 nakes yang bertugas untuk skrining peserta dan penyuntikan vaksin.

Nakes tersebut berasal dari Persatuan Perawat Nasional Indonesia cabang Sidoarjo, Ikatan Bidan Indonesia cabang Sidoarjo, dan Ikatan Dokter Indonesia cabang Sidoarjo.

“Kami juga melibatkan relawan Youth Forum Sidoarjo untuk membantu mengatur jalannya pelaksanaan vaksinasi,” kata dr. Athok.

Athok mengatakan, warga tidak perlu khawatir tentang panjangnya antrean, karena jumlah petugas sudah cukup banyak untuk melayani hingga 3.000 – 4.000 peserta perhari.

Dia juga menyampaikan pesan kepada seluruh peserta vaksinasi Terima Kasih selama tiga hari ini untuk memantau informasi selanjutnya, karena pemberian dosis kedua bisa diberikan dalam rentang waktu 8-12 minggu.

Pihaknya berharap pemberian dosis kedua nanti juga bisa dilaksanakan secara massal di tempat yang sama.

Sementara bagi warga Sidoarjo yang sudah melakukan pendaftaran bisa langsung datang dengan membawa fotokopi KTP, dan bukti pengisian google form. Petugas akan mengarahkan peserta di gate 1 dan gate 2. Sedangkan untuk lansia dan ibu yang membawa anaknya, diberikan akses khusus di lantai dasar sehingga tidak perlu naik ke tribun stadion.

Sebagai informasi, vaksinasi Terima Kasih yang digelar Pemkab Sidoarjo, Pemprov Jatim, dan Suara Surabaya Media ini sudah berlangsung selama tiga hari, mulai Rabu tanggal 1 September, hingga 3 September hari ini. Selama pelaksanaan tiga hari, disediakan 10 ribu dosis vaksin jenis AstraZeneca. (ton/tin/ipg)

Berita Terkait