Sabtu, 24 Februari 2024

Ada atau Tidak Ada UN, Peran Orang Tua Penting bagi Siswa

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ilustrasi.

Pembelajaran di masa pandemi Covid-19 yang dilakukan secara daring dibutuhkan pendampingan orang tua. Terlepas dari ada atau tidaknya Ujian Nasional (UN).

Rica Pamenan Dosen Bahasa Indonesia Penutur Asing (Bipa) di Ukraina menyampaikan bahwa peran orang tua sebagai pendamping proses pembelajaran daring sangat dibutuhkan oleh siswa. Apalagi saat ini masih pandemi Covid-19.

“Terlepas dari ada atau tidak adanya ujian nasional (UN) proses belajar secara daring tetap butuh pendampingan dari orang tua. Ini memang baru, tapi harus mulai dibiasakan. Orang tua perlu tahu dan memahami bahwa pembelajaran daring tidak sama dengan belajar di kelas,” terang Rica Pamenan, Senin (8/2/2021).

Pembelajaran secara daring sebagai pilihan di masa pandemi Covid-19 tentu saja masih belum memberikan pengalaman dan pembelajaran baru. Ini dikarenakan sebagian besar pembelajaran sekedar memindahkan ruang kelas menjadi virtual.

Tentu saja akan banyak kekurangan terkait pembelajaran mata pelajaran masing-masing. “Kalau UN dihapus wajar saja. Karena siswa tentu saja tidak dapat belajar secara maksimal, dan jika dipaksanakan UN, ada kekhawatiran siswa tidak belajar maksimal,” tambah Rica.

Yang perlu diperhatikan, lanjut Rica adalah bagaimana pembelajaran secara daring bisa maksimal sekaligus orang tua memahami bagaimana proses belajar daring itu tidak sekedar menghafal pelajaran semata.

“Orang tua ikut berperan di sini. Bagaimana ikut memahamkan siswa bahwa proses belajar daring itu tidak berbeda dengan pembelajaran di kelas. Orang tua punya peran penting, ” tegas Rica yang juga Dosen di kampus Universitas Wijaya Kusuma (UWK) Surabaya tersebut.

Orang tua, tambah Rica dengan ditiadakan nya UN sebaiknya juga memberikan wawasan bagi putera-puteri nya terkait proses belajar sekolah-sekolah di luar negeri misalnya.

“Jadi, anak atau siswa akhirnya punya pemahaman tentang bagaimana belajar daring serta tidak tergantung pada ujian nasional semata. Ini juga penting,” kata Rica.

Jika masih belum diketahui kapan pandemi Covid-19 ini akan berakhir, maka pembelajaran secara daring tetap jadi pilihan. Dan peran orang tua tetap dibutuhkan sebagai pendamping, terlepas dari ada UN atau tidak ada UN.(tok/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Sabtu, 24 Februari 2024
27o
Kurs