Kamis, 28 Maret 2024

Australia Kaitkan Lima Kasus Pembekuan Darah dengan Vaksin AstraZeneca

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Scott Morrison Perdana Menteri Australia menerima vaksinasi COVID-19 di Castle Hill Medical Center dan melihat pratinjau program vaksinasi Covid-19 di Sydney, Australia (21/2/2021). Foto: AFP/Joel Carrett

Regulator obat Australia mengaitkan lima kasus baru pembekuan darah di negara Kanguru tersebut dengan vaksin Covid-19 AstraZeneca.

John Skerritt Kepala Therapeutic Goods Administration (TGA), pada Kamis (6/5/2021) mengumumkan bahwa lima penerima vaksin AstraZeneca mengalami pembekuan darah dan jumlah kadar trombosit yang rendah.

Kelimanya terdiri atas dua pria berusia 70-an, satu pria berusia 60-an, dan dua perempuan berusia 50 dan 60 tahun.

“Kalau kita perhatikan, semuanya berusia di atas 50 tahun, tetapi kalau kita pikirkan lagi tentang siapa saja yang kini mendapatkan vaksin AstraZeneca, kejadian ini sangat jarang muncul, hanya pada orang di atas 50 tahun,” katanya kepada awak media.

“Sehingga jelas bahwa kasus-kasus selanjutnya akan menyangkut orang berusia 50 tahun ke atas,” kata John dikutip dari Xinhua yang dilansir Antara, Kamis (6/5/2021).

Jumlah kasus terkonfirmasi terkait kelainan langka pembekuan darah di Australia menjadi 11 kasus sejak negara tersebut memulai program vaksinasi.

Menurut Skerritt, setiap 1.000 dosis vaksin Covid-19 yang diberikan di Australia, TGA menerima antara enam hingga tujuh laporan kejadian buruk.

“Ini adalah orang-orang yang merasa tidak sehat atau sudah mendatangi dokter atau rumah sakit setelah divaksin,” katanya.

Hingga Kamis sore, sudah 2,47 juta dosis vaksin diberikan di Australia.

Pemerintah mendukung rencana peluncuran vaksin baru pada April, yang akan mempercepat vaksinasi bagi mereka yang berusia di atas 50 tahun “dengan lebih memanfaatkan persediaan dosis AstraZeneca yang ada”, dan memberikan vaksin Pfizer pada mereka yang berusia 50 tahun ke bawah.(ant/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs