Sabtu, 13 Juli 2024

Bupati Lembata Pastikan Wilayahnya Terkendali Pascagempa

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
BMKG menginformasikan terjadinya gempa bumi dengan magnitudo 7,4 di Larantuka, Nusa Tenggara Timur, Selasa (14/12/2021) siang pukul 10.20 WITA. Foto: BMKG

Thomas Ola Langoday Bupati Lembata, Nusa Tenggara Timur memastikan situasi di wilayahnya terkendali pasca gempa, Selasa (14/12/2021).

Thomas mengaku mendapat kabar dari Kepala BMKG 11.30 WITA. Pada saat itu masyarakat sudah panik karena beberapa waktu lalu Lembata diterjang badai seroja dan banjir bandang. Apalagi pada tahun 1992 pernah terjadi tsunami.

“Pas terjadi tadi, di pinggiran panik berhamburan lari menyelamatkan diri. Saya langsung kontak Kapolres dan Dandim untuk menggerakkan Bhabinkamtibmas di kampung-kampung, untuk komunikasi dengan kepala desa dan camat untuk menuntun masyarakat agar mobilisasi ikuti jalur evakuasi yang sudah ditentukan ketika terjadi tsunami,” kata Thomas kepada Radio Suara Surabaya, Selasa siang.

Dia menjelaskan, BMKG sempat menginfokan gempa kali ini berpotensi tsunami, tapi kemudian sesudah dua jam tidak terjadi.

“Syukurlah kembali normal. Sesudahnya ada gempa-gempa kecil susulan. Tadi juga ada longsoran yang menutupi jalan. Soal korban jiwa belum terdata. Sekarang situasi normal. Mohon doanya agar tidak terjadi gempa susulan,” ujarnya.(iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Sabtu, 13 Juli 2024
31o
Kurs