Kamis, 26 Mei 2022

Cuaca Hari Ini: Waspadai Hujan Disertai Petir dan Gelombang Tinggi

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi, hujan disertai petir.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda merilis prakiraan cuaca di Jawa Timur dan sekitarnya pada Senin (4/10/2021), secara umum di pagi hari cuaca diprakirakan cerah, berawan, dan hujan ringan hingga sedang. Namun menuju siang dan sore hari berpotensi hujan lebat disertai petir, terutama di wilayah Kota Batu.

Sedangkan memasuki malam hari cuaca di Jawa Timur diprakirakan cerah, berawan, dan hujan ringan-sedang. Hingga dini hari dinyatakan prakirakan cerah, berawan, berkabut, dan hujan ringan-sedang.

BMKG juga menyampaikan peringatan dini 3 harian sebagai sebagai berikut:

 

Sementara itu BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya juga menyampaikan prakiraan kondisi cuaca di wilayah perairan di Jawa Timur.

Sesuai keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net,  Senin (4/10/2021), perlu diwaspadai tinggi gelombang yang mencapai lebih dari 2.5 meter di perairan selatan Jatim dan Samudera Hindia selatan Jatim.

Sedangkan ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.5 – 1.3 m, di Laut Jawa bagian timur antara 0.4 – 1.8 m, di S. Hindia selatan Jatim antara 1.5 – 3.8 m.

Disebutkan BMKG Maritim, cuaca berawan hingga hujan ringan sedang, mendominasi sebagian besar wilayah perairan di Jawa Timur bagian utara dan Selatan Bawean, perairan Tuban-Lamongan, perairan Gresik-Surabaya, perairan Utara Madura, dan perairan Selatan Jatim.

Dengan prakiraan kondisi Arah angin yang didominasi dari Tenggara – Selatan, kec. angin maksimum di Laut Jawa bagian timur sebesar 20 knots (37 knots) dan S. Hindia Selatan Jatim sebesar 15 knots (28 km/jam).(wld/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Kamis, 26 Mei 2022
26o
Kurs