Sabtu, 20 April 2024

Cuaca Surabaya dan Sekitarnya Diprakirakan Hujan Sedang Hingga Lebat

Laporan oleh Anton Kusnanto
Bagikan
Ilustrasi. Hujan di Kota Surabaya. Foto: Ika suarasurabaya.net

Potensi cuaca pada Kamis (4/3/2021) hari ini, Kota Surabaya diprakirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di siang sampai sore hari, dengan suhu berkisar 24-34 derajat Celcius. Sementara potensi yang sama diprakirakan terjadi di wilayah Jombang dan Mojokerto.

“Bedanya, di dua wilayah tersebut potensi hujan berlangsung lebih lama hingga malam hari,” kata Agatha Mayasari, Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda saat dihubungi suarasurabaya.net, Kamis (4/3/2021).

Agatha juga mengingatkan agar mewaspadai jalur penerbangan dari Jawa Tengah dan Jawa Timur, khususnya yang menuju Kalimantan, karena kumpulan awan Cumulonimbus (CB) yang mulai terbentuk.

“Sementara untuk penerbangan jalur ke arah Sumatera dan Bali relatif awan,” tambahnya.

Namun Agatha tetap mengingatkan kewaspadaan karena cuaca yang berubah-ubah.

Untuk perairan, gelombang tinggi berpotensi terjadi di wilayah selatan Jawa Timur. Di Samudera Hindia, tinggi gelombang diperkirakan mencapai 4,25 meter dengan kecepatan angin 20 sampai 30 km/jam. Sementara di peraian utara Jawa Timur, tinggi gelombang rata-rata 0,5 hingga 1 meter.

“Namun pantauan cuaca yang berawan di perairan wilayah utara Jawa Timur memunculkan potensi terbentuknya awan CB yang perlu diwaspadai,” pungkas Agatha.(ton/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs