Senin, 19 April 2021

Doni Monardo Mengajak Penyintas Covid-19 Sukarela Donorkan Plasma Konvalesen

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Doni Monardo Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19. Foto: Antara

Doni Monardo Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Senin (1/3/2021) sore, mendonorkan plasma darahnya, di Kantor Pusat PMI Jakarta.

Jenderal bintang tiga TNI AD yang menjabat Ketua Satgas Penanganan Covid-19, secara sukarela menyumbangkan darah untuk pasien Covid-19.

Doni adalah salah seorang penyintas Covid-19. Dia mengumumkan terinfeksi Virus Corona Sabtu (23/1/2021), dan sembuh sesudah menjalani 20 hari isolasi mandiri dan perawatan di rumah sakit.

Di tengah proses pengambilan darah, Doni Monardo mengajak para penyintas Covid-19 bersedia menyumbangkan plasma darahnya.

Donor plasma darah konvalesen yang mengandung antibodi , kata Doni, penting untuk membantu penyembuhan pasien Covid-19 dengan gejala sakit sedang atau berat.

“Gerakan Donor Darah Konvalesen ini merupakan bentuk rasa syukur kepada petugas kesehatan dan tenaga medis yang sudah membantu proses penyembuhan pasien Covid-19. Selain itu, menyumbangkan darah untuk orang yang membutuhkan sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan atas kesembuhan dari infeksi Virus Corona. Saya berharap para penyintas Covid-19 secara sukarela bersedia mendonorkan plasma darahnya,” ucap Doni Monardo.

Sekadar informasi, terapi plasma darah konvalesen merupakan salah satu metode pengobatan pasien Covid-19 yang efektif menyembuhkan.

Terapi plasma darah konvalesen dilakukan dengan cara transfusi darah penyintas suatu infeksi, ke tubuh orang yang sedang terinfeksi.

Sebelumnya, pada tanggal 18 Januari 2021, Ma’ruf Amin Wakil Presiden mencanangkan Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen.

Gerakan itu diharapkan menggugah kesadaran para mantan pasien mendonorkan plasma konvalesen, untuk mengatasi pandemi Covid-19 di Indonesia.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Asap Kebakaran Semolowaru

Kecelakaan di Lawang

Truk Bermasalah di Trosobo

Eh Eh, Capek. Istirahat Dulu

Surabaya
Senin, 19 April 2021
32o
Kurs