Sabtu, 27 April 2024

Doni Monardo Pensiun, Presiden Lantik Ganip Warsito sebagai Kepala BNPB

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Letjen TNI Ganip Warsito mengucapkan sumpah jabatan Kepala BNPB, Selasa (25/5/2021), di Istana Negara, Jakarta. Foto: Youtube Sekretariat Presiden

Joko Widodo Presiden melantik Letnan Jenderal TNI Ganip Warsito sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), menggantikan Letnan Jenderal TNI Doni Monardo yang akan pensiun dari dinas kemiliteran.

Pelantikan dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta, dengan peserta terbatas dan menerapkan protokol kesehatan ketat pada Selasa (25/5/2021).

Pengangkatan Ganip sebagai Kepala BNPB berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 79/B tahun 2021.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” ucap Presiden diikuti Letjen Ganip.

Sekadar informasi, Ganip Warsito merupakan lulusan akademi militer angkatan 1986, sebelumnya, menjabat Asisten Operasi Panglima TNI, dan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III yang meliputi kepulauan Maluku serta Papua.

Lalu, mulai 26 Januari 2021, Letjen Ganip Warsito dipercaya menjabat Kepala Staf Umum (Kasum) TNI.

Sementara itu, Doni Monardo lulusan akademi militer tahun 1985 menjabat Kepala BNPB mulai Januari 2019, berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 5/p tahun 2019 tentang Pengangkatan Kepala BNPB.

Doni merangkap sebagai Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 per 19 Maret 2020 yang kemudian berubah menjadi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 pada 20 Juli 2020.

Sebelum memimpin BNPB, Doni pernah menjabat sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspamres), Pangdam Siliwangi dan Pangdam Pattimura.(rid/frh/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs