Rabu, 6 Juli 2022

Kepala BNPB Akan Tinjau Kondisi Lumajang Usai Erupsi Gunung Semeru

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Doni Monardo Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 saat menyampaikan sambutan pada Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 dengan Forkopimda Jatim di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Rabu (24/06/2020) petang. Foto: Humas Pemprov Jatim

Doni Monardo Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan meninjau langsung kondisi beberapa daerah di Lumajang, yang terdampak erupsi Gunung Semeru, sore nanti, Rabu (2/12/2020). Hal itu disampaikan Heru Tjahjono Sekretaris Daerah Provinsi Jatim kepada Radio Suara Surabaya, Rabu pagi.

Selain Kepala BNPB, kata Heru, Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim bersama Kapolda Jatim dan Pangdam V Brawijaya juga akan ke lokasi pada Jumat pagi (4/12/2020). Untuk hari ini, seluruh jajaran Pemprov Jatim akan menggelar rapat lanjutan terkait penanganan bencana Gunung Semeru.

“Sebentar lagi jam 9, kami akan menggelar rapat. Terkait semua kebutuhan untuk penanganan Semeru. Untuk perkembangan Semeru, kami belum mendapatkan info konkritnya. Nanti setelah rapat, kami akan sampaikan,” kata Heru.

Heru menambahkan, Pemprov Jatim sudah mendistribusikan sejumlah bantuan untuk warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru. Di antaranya, bantuan masker, kebutuhan dasar, dan alat-alat berat.

Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan tempat evakuasi, dan mengirimkan bantuan personel ke lokasi pengungsian.

“Sebelum terjadi bencana ini, kami sudah mendapatkan arahan dari Bu Gubernur untuk koordinasi dengan Kabupaten/Kota untuk antisipasi penanganan bencana yang berbeda dengan sebelum ada Covid-19. Seperti, penyediaan bantuan masker, dan tempat evakuasi yang berbeda, untuk yang reaktif dan non reaktif. Kita sudah pernah melakukan simulasi sebelumnya,” ujarnya.

Menanggapi foto atau gambar yang banyak tersebar di media sosial terkait Gunung Semeru, Heru mengimbau agar masyarakat menyikapinya dengan bijak. Artinya, jangan mudah percaya dan ikut menyebarluaskan info yang belum tentu benar.

“Ya akhir-akhir ini banyak beredar foto soal Gunung Semeru. Padahal yang disebar itu hoaks, ada yang menggunakan foto Gunung Sinabung. Masyarakat menyikapi itu jangan langsung ditelan dan di-share lagi ke yang lain,” kata dia. (ang)

Berita Terkait

Surabaya
Rabu, 6 Juli 2022
31o
Kurs