Sabtu, 27 April 2024

Empat Kepala Lapas yang Baru Dilantik di Jatim Diminta Back to Basic

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Krismono Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim saat melantik Hasan Basri Kalapas Jember, salah satu kepala lembaga pemasyarakatan (Kalapas) baru, Kamis (9/12/2021). Foto: Kemenkumham Jatim

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Jatim melantik empat kepala lembaga pemasyarakatan (Kalapas) baru, Kamis (9/12/2021).

Mereka antara lain Yan Rusmanto sebagai Kalapas Narkotika Pamekasan, Hasan Basri Kalapas Jember, Seno Utomo Kalapas Pamekasan, dan Edi Sigit Budiman Kalapas Lumajang.

Krismono Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim mengatakan, empat lapas itu adalah lapas besar di Jatim. Dia berharap para pejabat baru bisa mengemban tugas dengan baik.

“Di tengah situasi seperti ini, harus berpedoman pada Keputusan Dirjenpas tentang Program Pelaksanaan Prinsip Dasar Pemasyarakatan (back to basic),” kata Krismono usai pelantikan.

Prinsip dasar pemasyarakatan adalah strategi peningkatan kualitas layanan pemasyarakatan baik tahanan, pembinaan narapidana, pembimbingan klien, keamanan dan ketertiban, serta perawatan kesehatan.

Tidak hanya itu, para pejabat yang dilantik hari ini juga dia harap kembali ke prinsip dasar pemasyarakatan demi meningkatkan kualitas pengelolaan barang sitaan (basan) dan barang rampasan (baran).

“Seluruh petugas pemasyarakatan wajib mengerti, memahami, dan mengaplikasikan program ini, sehingga muncul pemahaman komprehensif soal reformasi birokrasi pemasyarakatan,” ujarnya.

Tujuan lain dari kebijakan back to basic adalah untuk membangun petugas yang lebih berdaya guna dan berhasil guna dalam mengemban tugas dan fungsi pemasyarakatan.

Tidak hanya melantik empat kepala Lapas, Krismono juga melantik 12 orang pejabat administrasi, 26 notaris baru, tiga orang pejabat pindahan, satu orang PPNS, dan 13 pejabat fungsional.

Total ada sebanyak 55 orang yang dilantik oleh Krismono dalam kegiatan yang berlangsung di Aula Raden Wijaya Kanwil Kemenkumham Jatim. “Mutasi dan promosi adalah hal biasa dalam organisasi,” kata Krismono.(den/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
30o
Kurs