Jumat, 19 April 2024

Enam Museum di Surabaya Dibuka Lagi

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Pemerintah Kota Surabaya kembali membuka enam museum yang tersebar di Kota Pahlawan. Salah satunya adalah Museum Pendidikan yang berlokasi di Jalan Genteng Kali 10. Foto : Totok suarasurabaya.net

Lama ditunggu-tunggu warga Kota Surabaya, akhirnya Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kembali membuka enam museum yang tersebar di Kota Pahlawan.

Enam museum yang dibuka antara lain:

  1. Museum Surabaya
  2. Museum W.R. Soepratman
  3. Museum H.O.S. Tjokroaminoto
  4. Museum Dr Soetomo
  5. Museum Pendidikan
  6. Museum Sepuluh Nopember dan area Lapangan Tugu Pahlawan.

Febriadhitya Prajatara Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Pemkot Surabaya mengatakan, pembukaan museum itu sudah dilakukan sejak, Selasa (20/4/2021). Namun begitu, dia memastikan pembukaan museum itu dipastikan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 ketat.

Febri menjelaskan,  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata juga telah membuat beberapa regulasi yang tertuang dalam Standar Operasional Prosedur (SOP) pembukaan museum tersebut. “Pembukaan museum yang dikelola oleh pemkot itu sudah kembali beroprasi. Disbudpar sudah membuat SOP,  sehingga warga dapat berkunjung kembali,” kata Febri, Kamis (22/4/2021).

Soal mekanisme kunjungan, dapat memesan tiket secara online melalui website https://tiketwisata.surabaya.go.id. Di website tersebut, pengunjung dapat memilih waktu yang telah ditentukan oleh petugas. Misalnya seperti Museum Surabaya, buka setiap Selasa – Minggu pukul 09.00 – 14.00 WIB.

Masing-masing museum memiliki jumlah kapasitas orang yang berbeda-beda dalam tiap sesinya tergantung dengan luasan area wilayah museum. Selama jam museum beroperasi, terbagi menjadi beberapa sesi. Dalam setiap sesi, pengunjung yang dapat masuk terdiri dari 30 orang dengan durasi selama 30 menit.

“Di sela-sela perpindahan jam pengunjung, petugas selalu menyemprot area dengan disinfektan. Jadi diusahakan semaksimal mungkin tetap steril. Tidak lupa pula pengunjung yang masuk pun juga diukur suhu tubuh dan wajib mengenakan masker,” jelasnya.

Dengan aturan ini, kata  Febri, masyarakat dapat kembali jalan-jalan menikmati museum yang ada di Kota Pahlawan dengan memperhatikan prokes secara ketat. Pembukaan museum ini pun dipastikan telah mendapatkan asesemen dari Satgas Covid-19. (man/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs