Sabtu, 28 Mei 2022

Italia Wajibkan Guru Punya Kartu Kekebalan Sebelum Mengajar

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Green Pass Covid-19. Foto: Antara

Pemerintah Italia mengeluarkan kebijakan bahwa guru harus punya Green Pass Covid-19 atau disebut kartu kekebalan dari Virus Corona sebelum memasuki ruang kelas.

Menurut pernyataan pemerintah, kartu kekebalan akan menyatakan bahwa pemegangnya telah divaksinasi penuh, telah dites negatif untuk virus corona dalam 48 jam terakhir, atau telah tertular dan pulih dari Covid-19.

Selain itu, Green Pass juga harus dimiliki para pelancong di kereta api, pesawat, kapal, dan bus antarkota.

Mulai 6 Agustus, para pengunjung yang makan di dalam ruangan di restoran serta menggunakan berbagai layanan dan kegiatan rekreasi juga diwajibkan punya Green Pass.

Upaya itu dilakukan pemerintah untuk mempercepat vaksinasi dalam rangka melawan varian Delta yang lebih menular.

Kamis (5/8/2021) kemarin, meski ada keraguan dalam koalisi yang berkuasa dan protes jalanan, kabinet Mario Draghi memperluas persyaratan Green Pass untuk semua guru, mahasiswa, dan transportasi jarak jauh mulai 1 September.

“Pilihan pemerintah adalah untuk berinvestasi sebanyak mungkin di Green Pass untuk menghindari penutupan dan untuk menjaga kebebasan,” kata Roberto Speranza Menteri Kesehatan kepada wartawan, demikian lansir Antara.

Tanpa sertifikat ini, guru tidak akan bisa bekerja dan setelah lima hari absen mereka tidak akan dibayar lagi.

Italia mengikuti jejak Prancis, yang merupakan negara Eropa pertama yang mengatakan bahwa mereka mewajibkan kartu bukti kekebalan Covid-19 untuk mengakses berbagai layanan.

Langkah Presiden Emmanuel Macron itu memicu protes yang lebih besar daripada yang terlihat di Italia.

Penentang tindakan itu berpendapat kartu kekebalan menginjak-injak kebebasan, mendiskriminasikan yang tidak divaksinasi, dan melanggar aturan Uni Eropa.

Pengadilan tinggi Prancis memutuskan bahwa Green Pass tidak bertentangan dengan konstitusi.(ant/dfn/den)

Berita Terkait

Surabaya
Sabtu, 28 Mei 2022
28o
Kurs