Jumat, 29 Maret 2024

Jalani 20 Hari Isolasi, Khofifah Masih Positif Covid-19

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Rutinitas pagi Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur selama isolasi mandiri. Foto: Instagram @khofifah.ip

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur masih dinyatakan positif Covid-19, setelah 20 hari menjalani isolasi mandiri. Namun, kondisi Khofifah dipastikan baik karena kategori tanpa gejala.

“Ibu Alhamdulillah tanpa gejala. Ini juga tiap hari rapat koordinasi (virtual). Tapi masih isolasi mandiri. Masih positif. Gak ada gejala, tapi kita mengikuti saran dokter aja,” ujar Dokter Makhyan Jibril Al Farabi Staf Khusus Rumpun Kuratif Satgas Covid-19 Jatim dikonfirmasi suarasurabaya.net, Kamis (21/1/2021).

Menurut Jibril, berdasarkan hasil sebuah penelitian sebenarnya setelah 10 hari seseorang menjalani isolasi mandiri, dan tidak merasakan gejala apa pun, tidak akan menularkan virus terhadap orang lain. Namun, kata Jibril, Khofifah tetap menjalani isolasi mandiri karena mempertimbangkan persepsi masyarakat.

“Setelah 10 hari tanpa gejala sebenarnya sudah selesai, sudah tidak menulari. Cuman kita kan mempertimbangkan juga persepsi masyarakat karena nggak semua orang memahami,” kata Jibril.

Jibril menjelaskan, sebenarnya tidak ada masalah meskipun telah 20 hari menjalani isolasi mandiri, dan hasil tesnya masih positif Covid-19. Karena berdasarkan hasil penelitian, ada orang yang hasil swabnya positif Covid-19 hingga 33 hari.

“Penelitian membuktikan bahwa 5 persen orang yang kena Covid-19 itu swab positifnya bisa 33 hari lebih,” kata Jibril.

Sekadar mengingatkan, Khofifah menjalani tes usap Covid-19 pada 31 Desember tahun lalu. Pada 1 Januari 2021, hasil tes usap itu keluar dan menyatakan Khofifah positif.

Sejak awal Januari sampai hari ini, Mantan Menteri Sosial itu masih menjalani isolasi mandiri. (bid/tin/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs