Senin, 23 Mei 2022

Khofifah Batal Jadi yang Pertama Disuntik Vaksin Covid-19

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Rutinitas pagi Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur selama isolasi mandiri. Foto: Instagram @khofifah.ip

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur batal menjadi sasaran pertama penerima vaksin Covid-19 di Jatim sebagaimana yang sudah dia ajukan kepada Kemenkes.

Sebelum pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Jawa Timur, Khofifah lebih dulu terpapar Covid-19. Sampai sekarang Khofifah masih menjalani isolasi mandiri di rumah dinas Gubernur di Surabaya.

Posisi Khofifah sebagai penerima vaksin pertama Covid-19 digantikan oleh Emil Dardak Wakil Gubernur Jatim sebagaimana daftar usulan yang disebutkan dalam rapat koordinasi siang ini.

Dalam rapat koordinasi Forkopimda Jatim tentang Penanganan dan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Kantor Gubernur Jalan Pahlawan Surabaya, Jumat (7/1/2021), daftar usulan ini sempat dibahas.

Selain Emil Dardak Wakil Gubernur Jatim, Pemprov mengusulkan Pangdam V Brawijaya, Kapolda, dan sejumlah pejabat lain di lingkungan Pemprov Jatim ke Kementerian Kesehatan.

Dokter Joni Wahyuhadi Direktur RSU Dr Soetomo Surabaya termasuk dalam daftar itu. Demikian halnya Arumi Bachsin Ketua Tim Penggerak PKK Jatim sekaligus istri Emil Dardak Wakil Gubernur Jatim.

Selain itu, ada Direktur Utama Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Dr Ramelan, Dirut RSJ Menur, Dekan Fakultas Kesehatan Unair, juga Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Surabaya.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) juga termasuk dalam daftar yang diusulkan. Demikian juga Ketua Pemuda Ansor dan Ketua Pemuda Muhammadiyah.

Dokter Joni Wahyuhadi Ketua Rumpun Kuratif Satgas Covid-19 Jatim bilang, daftar nama itu baru usulan. Menurutnya, Kemenkes memang meminta Pemprov Jatim mengusulkan.

“Itu baru usulan. karena pemerintah provinsi Jawa Timur diminta mengusulkan. Usulannya, untuk awalnya seperti itu. Siapa yang memutuskan? Ya dari gugus tugas pusat. Di-ACC apa endak,” kata Joni.

Sebagaimana diketahui, Joni yang juga Dirut RSU Dr Soetomo Surabaya termasuk dalam daftar sasaran pertama vaksin Covid-19 di Jawa Timur.

Sebelumnya, Khofifah Gubernur Jatim sudah mengusulkan kepada Dirjen P2P Kemenkes agar dirinya menjadi sasaran vaksin pertama di Jatim. Ini merespons niatan Jokowi Presiden yang juga mengajukan diri jadi orang pertama sasaran Covid-19 di Indonesia.(den/iss)

Berita Terkait

Surabaya
Senin, 23 Mei 2022
29o
Kurs