Sabtu, 27 April 2024

Jokowi Presiden Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2021

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden menjadi inspektur upacara Hari Kesaktian Pancasila, Jumat (1/10/2021), di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur. Foto; Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden pada Jumat (1/10/2020) pagi, menjadi inspektur upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Hadir juga di lokasi antara lain Ma’ruf Amin Wakil Presiden, Puan Maharani Ketua DPR RI, LaNyalla Mattalitti Ketua DPD RI, Bambang Soesatyo Ketua MPR RI, serta sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, upacara tetap menerapkan protokol kesehatan. Semua yang hadir wajib memakai masker dan menjaga jarak fisik.

Upacara diawali dengan kumandang Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Selanjutnya, Presiden mengajak semua yang mengikuti upacara langsung dan juga secara virtual, mengheningkan cipta.

Mengheningkan cipta itu untuk mengenang jasa besar para pahlawan serta mendoakan Pahlawan Revolusi yang menjadi korban peristiwa berdarah 30 September 1965.

Kemudian, LaNyalla Mattalitti Ketua DPD RI menjalankan tugasnya membacakan teks Pancasila. Lalu, Bambang Soesatyo Ketua MPR RI membacakan pembukaan UUD NRI 1945.

Sedangkan Puan Maharani Ketua DPR RI membacakan dan menandatangani ikrar bersama untuk mempertahankan serta mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

Sebagai penutup upacara yang berlangsung khidmat, Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama membacakan doa untuk kebaikan Bangsa dan Negara Indonesia.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
27o
Kurs