Kamis, 18 April 2024

KAI Ingatkan Calon Penumpang KA Lokal Sertakan NIK Sesuai KTP

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ilustrasi: Penumpang turun dari kereta api di Stasiun Gubeng Surabaya, Jawa Timur. Foto: Antara

Guna memberikan rasa aman, nyaman, serta kemudahan dalam pelayanan tiket Go-Show KA lokal, mulai 31 Agustus 2021 calon penumpang KA lokal diwajibkan mencantumkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), sesuai yang tertera pada Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Luqman Arif  Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya menyampaikan, secara umum syarat menggunakan KA Jarak Jauh dan KA Lokal sejauh ini masih tetap, belum ada perubahan.

Sedangkan untuk mendukung aktivitas physical distancing diharapkan masyarakat membeli tiket KA lokal menggunakan aplikasi KAI Access.

“KAI secara konsisten menerapkan persyaratan perjalanan menggunakan Kereta Api secara ketat. Hanya yang sesuai persyaratan yang diperbolehkan untuk naik kereta api,” tegas Luqman Arif, Rabu (1/9/2021).

Dia menambahkan KAI masih mengacu pada SE Kemenhub No 58 Th 2021 dan SE Satgas Penanganan Covid-19 No 17 Th 2021, di mana syarat naik KA Jarak Jauh untuk level 3 dan level 4 tetap sama dan untuk penggunaan Surat Tugas atau sejenisnya bagi KA Lokal masih diberlakukan.

“Syarat menggunakan KA Jarak Jauh dan KA Lokal sejauh ini masih tetap belum ada perubahan. Namun, kami siap mengikuti jika ada perubahan ketentuan dari pemerintah,” pungkas Luqman.

Saat ini, KAI Daop 8 Surabaya akan melakukan penyesuaian terhadap operasional KA yang beroperasi pada bulan September.(tok/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
32o
Kurs