Jumat, 19 April 2024

Kemenag dan Kemenkes Harus Pastikan Jemaah Umrah Indonesia Bebas Covid-19

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Suasana Masjidil Haram yang sepi di Mekah, Arab Saudi, Jumat (6/3/2020). Pemerintah Arab Saudi menangguhkan sementara pelaksanaan ibadah umrah terkait merebaknya wabah virus corona. Foto: Antara/Reuters

Azis Syamsuddin Wakil Ketua DPR RI menyambut baik Pemerintah Arab Saudi yang telah membuka dan memberikan izin umrah terbatas pada awal Ramadhan 1442 Hijriah bagi jemaah yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19.

Menurut Azis, hal ini sebuah kabar yang menggembirakan bagi umat Islam Indonesia yang ingin menunaikan ibadah pada bulan puasa Ramadhan di Tanah Suci Mekkah.

“Kementerian Agama harus dapat melakukan sosialisasi kepada jemaah baik keberangkatan dan setibanya di Tanah Suci terhadap aturan aturan yang harus di terapkan oleh pemerintah Arab Saudi,” kata Azis Syamsuddin dalam keterangannya, Kamis (8/4/2021).

Lebih lanjut, Azis mendorong Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) untuk menindaklanjuti hal tersebut dengan melakukan komunikasi dengan Kedutaan Besar Arab Saudi agar jemaah Umrah Indonesia diberikan izin untuk melakukah ibadah umrah ke Tanah Suci.

“Kemenag melalui Ditjen PHU untuk menginformasikan kepada seluruh biro perjalanan umrah terkait dibukanya kembali ibadah umrah, agar jemaah yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci dapat mempersiapkan diri secara matang dan dipastikan telah menerima vaksin Covid-19 ditandai dengan sertifikat vaksinasi Covid-19 yang sudah divalidasi,” ujarnya.

Dia berharap Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk melakukan percepatan vaksinasi Covid-19, serta memastikan ketersediaan vaksin guna merampungkan proses vaksinasi sesuai target, khususnya bagi calon jemaah umrah.

“Kemenkes untuk mengalokasikan vaksin Covid-19 bagi calon jemaah umroh dan menjadikannya prioritas vaksinasi Covid-19, sehingga mereka dapat segera diberangkatkan umrah ke Tanah Suci,” tandasnya.

Azis minta agar Kemenag dan Kemenkes untuk memastikan setiap jemaah umrah yang berangkat sudah bebas Covid-19, ditandai dengan surat hasil swab PCR yang sudah divalidasi serta mengimbau dan memastikan protokol kesehatan diterapkan secara ketat oleh seluruh calon jemaah saat umrah.

“Pengawasan secara ketat atas pelaksanaan protokol kesehatan guna meminimalkan potensi jemaah terinfeksi Covid-19,” tutupnya.(faz/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs