Minggu, 29 Januari 2023

Kesalahan Sistem, BMKG Klarifikasi SMS Blast Gempa Magnitudo 8,5 Tidak Benar

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Hoax. Grafis: Didik suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan klarifikasi bahwa SMS Blast yang mengatakan bahwa akan ada gempa bermagnitudo 8,5 di Jatim, NTB, Bali, NTT, Jateng pada 4 Juni 2021 pukul 10.14 WIB tidak benar.

SMS Blast dari BMKG yang menyebutkan akan ada gempa 8,5 dan berpotensi tsunami. Selang 15 menit, BMKG memberikan klarifikasi bahwa kabar tersebut tidak benar akibat kesalahan sistem. Foto: Twitter/@c1ptz

Dalam siaran pers yang diunggah di akun resmi @infoBMKG melalui Twitter, Kamis (27/5/2021) pukul 13.06 WIB, BMKG menjelaskan, SMS Blast tersebut beredar karena kesalahan sistem. Selang 15 menit setelahnya, BMKG memberikan klarifikasi tersebut melalui SMS Blast.

Dan saat ini, belum diketahui penyebab kesalahan sistem tersebut. BMKG mengaku masih melakukan penelusuran dan investigasi bersama Kominfo untuk mengetahui penyebab pesan ini dapat tersebar.

Dalam siaran persnya, BMKG juga menegaskan, bahwa gempa tidak dapat diprediksi secara tepat dan akuran kapan itu terjadi. Sedangkan dalam isi SMS Blast tersebut, prediksi gempa tertulis jelas kapan hari hingga detik bencana terjadi.

BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap tenang, karena berdasarkan hasil monitoring saat ini tidak terjadi gempa berkekuatan M8,5 di wilayah Indonesia.(tin/iss)

Berita Terkait