Jumat, 29 Maret 2024

Klenteng Mulai Menyiapkan Protokol Kesehatan Jelang Imlek

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pelaksanaan protokol kesehatan wajib dikuti umat sebelum melakukan persembahyangan di dalam klenteng Hong San Ko Tee. Foto: Totok suarasurabaya.net

Meskipun perayaan Imlek masih sekitar beberapa pekan lagi, sejumlah klenteng di Surabaya, Rabu (13/1/2021) mulai menyiapkan penerapan protokol kesehatan (Prokes).

“Umat yang akan bersembahyang, kami wajibkan pakai masker. Sebelum masuk ke altar persembahyangan terlebih dulu diperiksa suhu tubuhnya. Ini wajib, ” terang Akiong pengurus klenteng Hong San Ko Tee.

Menurut Akiong, meski pandemi Covid-19 belum selesai, ada imbauan Pemerintah yang mewajibkan masyarakat agar tetap pakai masker dan menjaga jarak yang dapat dijadikan sebagai acuan.

“Pemerintah sudah mengeluarkan aturan agar tempat ibadah juga menjalankan protokol kesehatan. Karena itu kami juga menerapkan itu. Umat tetap kami imbau agar patuh protokol kesehatan. Nanti saat sembahyang Imlek kami juga akan atur waktunya agar tidak berkerumun, ” tegas Akiong.

Beberapa rangkaian persembahyangan dijadwalkan memang akan digelar sebelum persembahyangan Imlek. Umat, kata Akiong sudah diberitahukan dan diimbau agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Termasuk saat pelaksanaan sembahyang Imlek pada 12 Februari 2021 nanti.

Pengamatan suarasurabaya.net, beberapa pekerja klenteng terlihat mempersiapkan sejumlah kelengkapan persembahyangan untuk umat. Mulai dari membuat Kim chua sampai dengan bersih-bersih klenteng. (tok/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
25o
Kurs