Jumat, 3 Desember 2021

Koarmada II TNI AL Kerahkan Personel Donor Darah dan Plasma Konvalesen

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Donor darah dan screening donor plasma konvalesen dukung stok ketersediaan di PMI, digelar Koarmada II. Foto: Dispen TNI AL

Komando Armada II TNI Angkatan Laut menggelar donor darah dan plasma konvalesen di Panti Tjahaya Armada (PTA) Markas Koarmada II, Kamis (12/8/2021).

Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto Panglima Koarmada II mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan atas perintah Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M. Kepala Staf TNI Angkatan Laut dalam rangka percepatan penanganan Covid-19.

“Kami mengerahkan personel yang sudah pernah terpapar Covid-19 untuk bersedia menjadi donor plasma konvalesen guna pemenuhan kebutuhan plasma konvalesen dan stok darah reguler di PMI Jatim,” ujar Laksda Iwan saat meninjau kegiatan di PTA, Kamis (12/8/2021).

Pangkoarmada II menambahkan, kegiatan sosial ini berlangsung secara serentak di seluruh Lantamal dan Lanal jajaran Koarmada II, juga seluruh jajaran TNI AL mulai dari Sabang hingga Merauke yang terpusat di Kolinlamil Jakarta.

Khusus utnuk jajaran Koarmada II, Pangkoarmada II menargetkan sebanyak 699 kantong plasma konvalesen dan 17.555 kantong darah reguler yang bisa dikumpulkan dari kegiatan tersebut.

“Khusus di Mako Koarmada II sendiri kami menargetkan 327 kantong plasma konvalesen, dan darah biasa sebanyak 500 kantong. Jumlah itu nantinya akan kami bagi dua untuk ketersediaan stok di PMI Surabaya dan PMI Sidoarjo,” kata Iwan.

Seperti diketahui, untuk donor darah biasa petugas bisa langsung mengambil darah yang didonorkan. Sedangkan untuk yang konvalesen hari ini adalah proses pengambilan sampel untuk di-screening dan hasilnya nanti akan dibawa ke PMI, di cek bagaimana validitasnya atau komposisisi yang memang diizinkan untuk digunakan.

“Selanjutnya akan diinformasikan dan apabila memenuhi syarat personel yang bersangkutan akan dipanggil untuk donor langsung (plasma konvalesen),” kata Laksda Iwan.

Menurut Iwan aksi donor plasma konvalesendan donor darah reguler ini adalah bentuk totalitas dan peran Koarmada II dalam membantu percepatan penanganan Covid-19 bagi pemerintah pusat secara umum, dan pemerintah daerah khususnya JawaTimur.

“Mengingatkan kembali, TNI AL Koarmada II jika sebelumnya telah melaksanakan Serbuan Vaksinasi bagi masyarakat di pesisir hingga kepulauan terpencil yang merambah ke masyarakat kabupaten dan kotamadya. Selanjutnya kami juga mendukung oksigen gratis yang telah dilaksanakan di Jalajaya Surabaya, Lanal Banyuwangi dan Semarang. Satu diantara kapal kita saat ini juga sudah dikirim ke Belitung untuk mendukung oksigen gratis. Selain itu banyak kegiatan sosial lainnya yang dilaksanakan TNI AL untuk percepatan penanganan Covid-19. Semoga kita bisa segera dibebaskan dari Covid-19,” tegas orang nomor satu di jajaran Koarmada II ini.

Sementara itu, H. Imam Utomo Ketua PMI Jawa Timur menyambut positif kontribusi yang diberikan TNI AL Koarmada II terhadap kondisi yang dialami PMI di masa pandemi Covid-19.

“Sangat sangat membantu untuk menyembuhkan Covid. Setiap hari saya selalu dihubungi untuk permintaan plasma. Tapi kita sulit menemukan donornya.Kita berharap lebih banyak yang akan mendonorkan plasma maupun darah, selain membantu sesama juga bisa menyehatkan tubuh,“ pungkas Imam Utomo.(tok/iss/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Jumat, 3 Desember 2021
30o
Kurs