Minggu, 5 Mei 2024

Manfaatkan Kamera Tracking, SMPTag Maksimalkan Pembelajaran Hybrid

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Kamera tracking dimaksimalkan mendukung pembelajaran hybrid di SMPTag Surabaya. Pemanfaatan teknologi. Foto: Humas DSI YPTA Surabaya.

Pembelajaran di SMP 17 Agustus 1945 (SMPTag) Surabaya memaksimalkan kamera tracking dalam rangka mendukung pelaksanaan pembelajaran secara hybrid di pandemi Covid-19 ini.

Didukung sepenuhnya oleh Yayasan Pendidikan 17 Agustus 1945 (YPTA) Surabaya melalui Direktorat Sistem Informasi (DSI), penggunaan kamera tracking yang dipasang di kelas dalam setiap pembelajaran, semakin memberikan kemudahan bagi siswa.

Supangat Direktur Sistem Informasi YPTA Surabaya memaparkan bahwa pemasangan kamera tacking ini merupakan satu diantara solusi memberikan kemudahan bagi sekolah yang menerapkan sistem pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

“Penggunaan teknologi kamera tracking ini tentunya disesuaikan dengan aspek software dan hardware sesuai dengan satuan pendidikan yang ada. Penggunaan kamera tracking dan modul yang diaplikasikan ini juga secara berdaya guna. Tanpa mengurangi kualitas mengajar dan belajar pada siswa yang belajar secara daring, ” terang Supangat, Jumat (1/10/2021).

Pemasangan kamera tracking didalam kelas, akan memudahkan siswa belajar secara hybrid. Tidak lagi harus repot memasang tripot dan gadget didalam kelas yang terlebih dahulu harus disetting sedemikian rupa. “Posisi kamera tracking dalam kelas gampang diakses. Ini penting,” tambah Supangat.

Ditambahkan Wiwik Wahyuningsih Kepala SMPTag bahwa penggunaan kamera tracking sangat mmebantu pelaksanaan pembelajaran hybrid yang dilaksanakan saat pandemi ini di lingkungan SMPTag Surabaya.

Jika sebelumnya, guru harus menyiapkan perangkat untuk proses pembelajaran hybrid, dengan sarana penunjang kamera tracking maka setting dapat dikakukan lebih mudah. “Karena sekolah kami juga ditunjuk sebagai penyelenggara PTM terbatas, dan pemasangan kamera tracking ini sangat membantu, ” kata Wiwik.

Sementara itu, Ricky Rafael, satu diantara siswa SMPTag menyampaikan bahwa proses pembelajaran dengan dukungan kamera tracking menjadikan pembelajaran lebih mudah dipahami. “Karena kami tidak hanya mendengarkan penjelasan dari suara saja, tetapi ada penjelasan yang bisa dilihat langsung, ” ujar Ricky Rafael.

Supangat Direktur Sistem Informasi YPTA Surabaya mnambahkan bahwa sistem pembelajaran dengan menggunakan teknologi kamera tracking juga akan direalisasikan bagi lembaga pendidikan lainnya di lingkungan YPTA Surabaya, sebagai sarana penunjang pendidikan.(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
32o
Kurs