Jumat, 14 Mei 2021

Masih Kritis, Berharap Libur Lebaran Stok Darah Mulai Aman

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Layanan donor darah di kantor UDD PMI Surabaya, masih sepi dan itu berdampak pada kritisnya stok persediaan darah di PMI Surabaya. Foto: totok/dok. suarasurabaya.net

Sampai Senin (3/5/2021) stok persediaan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya masih kritis. Triksi Hendria Humas UDD PMI Surabaya berharap saat libur Lebaran nanti stok persediaan darah mulai aman dan terpenuhi.

Triksi juga menyampaikan bahwa stok darah saat ini di PMI Surabaya belum normal. Setiap terjadi penambahan langsung kosong karena didistribusikan.

“Stok masih kritis. Karena tiap kali ada tambahan perolehan darah, langsung habis didistribusikan. Karena itu kami tetap menunggu pendonor darah, ” terang Triksi Hendria, Senin (3/5/2021).

Sampai saat ini, lanjut Triksi, kebutuhan darah masih belum seluruhnya dapat dipenuhi PMI Surabaya. Beberapa diantaranya harus sabar menunggu sampai persediaan atau stok darah bertambah.

Diharapkan dari kegiatan Donor Darah Ramadan yang dimulai Selasa (4/5/2022/1) sampai Sabtu (8/5/2021) akan menambah stok perolehan darah dari pendonor. Sehingga stok persediaan darah menjadi lebih aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat melalui rumah sakit.

“Targetnya kami peroleh sekurangnya 1.000 bags darah. Harapannya agar persediaan darah kami aman. Dan secara otomatis nantinya untuk layanan permintaan masyarakat dapat terpenuhi dan terjaga, ” tambah Triksi.

Jika target 1.000 bags dapat dipenuhi lanjut Triksi juga akan memberikan jaminan selama libur Lebaran maka stok persediaan darah tetap aman. “Harapan kami demikian. Karena selama libur Lebaran kami juga berharap stok darah tetap aman, ” pungkas Triksi. (tok/frh/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Wadungasri Macet

Kecelakaan di Gunungsari

Kecelakaan di Manyar Gresik

Truk Terguling, Solar Menggenangi Jalan

Surabaya
Jumat, 14 Mei 2021
26o
Kurs