Jumat, 29 Maret 2024

Menkopolhukam: di Negara Pancasila para Pemeluk Agama Dilindungi Hidupnya

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Mahfud MD Menkopolhukam bersama Forkopimda Jatim meninjau pelaksanaan ibadah Natal di Surabaya, Sabtu (25/12/2021). Foto: Istimewa

Mahfud MD Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) berkunjung ke Jawa Timur mengecek keamanan gereja dan penerapan protokol kesehatan (prokes) di Surabaya.

“Saya bersyukur dapat kesempatan memastikan dan menyaksikan pelaksanaan ibadah Natal berjalan dengan baik dan aman,” katanya di Gereja Katedral Hati Kudus Yesus Surabaya, Sabtu (25/12/2021).

Selain ke Gereja Katedral Hati Kudus Yesus, Mahfud yang didampingi Forkopimda Jatim juga mengunjungi Gereja Kristen Indonesia (GKI) di Jalan Diponegoro, Kota Surabaya.

Dia mengatakan, semua pemeluk agama dan lembaga-lembaga keagamaan di Indonesia dapat perlindungan yang sama dari negara. Ini karena masyarakat bisa menentukan pilihan agama sesuai kepercayaannya.

“Kalau negara agama itu satu negara yang diatur dan dikuasai dengan sistem satu agama. Tetapi di Indonesia merupakan negara Pancasila di mana agama dan para pemeluknya dilindungi hidupnya, karena asumsinya semua agama itu membawa ajaran kebaikan,” kata Mahfud.

Dalam kunjungannya di sejumlah Gereja di Surabaya, selain mengecek prokes saat ibadah misa berlangsung Mantan Ketua MK itu juga mengucapkan selamat natal kepada Umat Nasrani.

Guru Besar Universitas Islam Indonesia Yogyakarta ini mengaku senang dapat laporan dari Forkopimda Jatim bahwa sampai saat ini perayaan ibadah Natal di Jawa Timur berjalan kondusif dan aman.

“Ada kegembiraan pada perayaan Natal pada tahun ini daripada tahun kemarin. Saat ini bisa ibadah di Gereja, tahun lalu harus online. Tapi harus tetap kita jaga agar tidak terjadi lonjakan Covid-19 pasca-Natal,” ujarnya.

Turut mendampingi Mahfud MD, Mayjen TNI Nurchahyanto Pangdam V/Brawijaya, Irjen Pol Nico Afinta Kapolda Jatim, Marsma Rudi Iskandar Kepala BIN Daerah, dan Heru Tjahjono Plh Sekdaprov Jatim.(den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
25o
Kurs