Selasa, 23 April 2024

MUI Serahkan Bantuan Rp19 Miliar untuk Pembangunan Rumah Sakit Indonesia Hebron Palestina

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Penyerahan bantuan secara simbolik oleh Miftachul Akhyar Ketua Umum MUI Pusat kepada Zuhair Al-Shun Duta Besar Negara Palestina untuk Republik Indonesia di Aula Gedung MUI Pusat, Jakarta, Senin (24/5/2021). Foto: MUI

Bertempat di Aula Gedung MUI Pusat, Jakarta, pada Senin (24/5/2021) telah dilaksanakan penyerahan secara simbolik bantuan dana tahap 1 untuk pembangunan Rumah Sakit Indonesia Hebron (RSIH), sebesar Rp. 19.000.000.000 (sembilan belas miliar Rupiah) dari MUI kepada Tayser Abu Sneineh Walikota Hebron.

Penyerahan dilakukan oleh Miftachul Akhyar Ketua Umum MUI Pusat kepada Zuhair Al-Shun Duta Besar Negara Palestina untuk Republik Indonesia.

Sebagaimana diketahui, pada 20 Januari 2020 Pengurus MUI Pusat yang berinisiatif memberi bantuan kemanusiaan kepada bangsa Palestina berupa sebuah Rumah Sakit telah mendapatkan dukungan dan kerjasama yang sangat baik dari Tayser Abu Sneineh Walikota Hebron.

Hal itu kemudian ditindaklanjuti dengan penandatanganan MoU (Kesepakatan Bersama) antara Pimpinan MUI Pusat yang diwakili oleh Muhyidin dengan Walikota Hebron, di Amman, Yordania, pada 20 Januari 2020,

MoU tersebut disaksikan oleh Duta Besar RI untuk Negara Palestina, berkedudukan di Amman, Yordania. Dalam MOU tersebut antara lain dinyatakan kesepakatan kerjasama antara Pengurus MUI Pusat dengan Walikota Hebron untuk pembangunan RSIH di mana pihak Pengurus MUI Pusat akan menyediakan dan mengupayakan biayanya sebesar Rp100.000.000.000 (seratus milyar rupiah) dari donasi kemanusiaan seluruh masyarakat Indonesia, sementara pihak Walikota Hebron akan menyediakan lahannya seluas 4000 m2.

Pasca penandatanganan MOU tersebut, Pengurus MUI Pusat cq Panitia Pembangunan RSIH pada Februari – Desember 2020 telah mengadakan kegiatan penggalangan dana dan berhasil terkumpul sebesar Rp2.000.000.000 (Dua Miliar Rupiah).

Kemudian setelah terbentuknya Pengurus MUI Pusat periode 2020-2025, telah dibentuk pula kepanitiaan Pembangunan RSIH yang diketuai oleh Sudarnoto Abdul Hakim, Ketua MUI Pusat Bidang Hubungan Luar Negeri & Kerjasama Internasional.

Panitia baru tersebut pada 17 Mei 2021 telah mencanangkan “Gerakan Aliansi Amal Kemanusiaan Untuk RSIH Palestina” dalam rangka mengajak dan mendorong seluruh masyarakat Indonesia untuk berdonasi bagi segera terwujudnya RSIH.

Sejak dicanangkannya Gerakan tersebut, sampai Ahad 23 Mei 2021 telah berhasil dikumpulkan dana sebesar Rp17.000.000.000 (Tujuh Belas Miliar Rupiah).

Keseluruhan dana yang telah berhasil digalang MUI, baik kepengurusan periode terdahulu maupun kepengurusan periode saat ini yang mencapai Rp19.000.000.000 (Sembilan Belas Miliar Rupiah) tersebut pada hari ini diserahkan secara simbolik kepada Zuhair Al Shun Duta Besar Negara Palestina di Jakarta.

Setelah penyerahan simbolik tahap 1 ini, kegiatan penggalangan dana untuk pembangunan RSIH masih akan terus dilakukan oleh MUI – Panitia Pembangunan RSIH dan akan diserahkan secara bertahap kepada pihak Palestina melalui mekanisme yang akuntabel, bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri RI dan KBRI Amman yang merangkap untuk Negara Palestina.

Untuk itu, MUI melalui Panitia Pembangunan RSIH terus mengharapkan dukungan dan partisipasi seluruh masyarakat Indonesia untuk terus memberikan donasi melalui rekening MUI di BNI Syariah nomor 0842531400. Donasi yang telah diberikan dapat disampaikan kepada dua (2) narahubung Panitia Pembangunan RSIH, masing-masing (1) Erni Juliana (08111061668) dan (2) Amirah Nahrawi (08179913136).

Pembangunan RSIH ini merupakan salah satu bentuk ungkapan solidaritas dan dukungan MUI bagi perjuangan bangsa Palestina dalam mencapai kemerdekaannya dan dalam menghadapi agresi penjajahan Israel.

Dukungan MUI tidak hanya diwujudkan dalam bentuk bantuan kemanusiaan saja, tetapi juga dukungan politis melalui Pemerintah RI agar terus menjadi garda terdepan dalam penyelasaian damai agresi penjajahan Israel yang tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

MUI juga berkomitmen untuk senantiasa siap memfasilitasi rujuk nasional Palestina karena MUI yakin bahwa tanpa persatuan dan kesatuan seluruh elemen bangsa Palestina maka agresi penjajahan Israel atas Palestina tidak akan bisa dihentikan.

MUI yakin, dengan dukungan penuh dan solidaritas seluruh bangsa Indonesia, niat baik bangsa Indonesia untuk membantu bangsa Palestina dapat berhasil.(faz/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
32o
Kurs