Jumat, 26 April 2024

Orientasi Mahasiswa Baru UK Petra Bantu Masyarakat Terdampak Pandemi Covid-19 di Siwalankerto

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pembahasan secara daring dilakukan para mahasiswa sebelum pelaksanana pemberian bantuan masyarakat sekitar kampus UK Petra Surabaya. Foto: Humas UK Petra

Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya lewat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) dan panitia Orientasi Mahasiswa Baru (Maba) menggelar aksi sosial Welcome Grateful Generation (WGG) UK Petra, Kamis (22/7/2021), dengan membagikan bantuan paket Covid-19 kepada warga di sekitar Siwalankerto.

“Kebetulan ada beberapa permintaan dari para tokoh masyarakat Siwalankerto untuk membantu warga sekitar karena banyak yang positif Covid-19. Juga yang meninggal. Mereka membutuhkan vitamin, masker, dan hand sanitizer, maka dibantu panitia WGG kami mengirim paket ke enam RW di daerah Siwalankerto,” kata Ribut Basuki Kepala LPPM UK Petra Surabaya.

Paket yang dibagikan berisi 85 botol hand sanitizer ukuran 60 ml, empat box vitacimin @50 strip, empat box masker medis sebanyak 50 pcs dan 50 masker kain #BangkitBersamaUKP. Selain itu, Program Petra Peduli Siwalankerto melalui LPPM UK Petra dijadwalkan juga akan menyerahkan 150 box multivitamin setara 1.500 strip multivitamin, plus 90 box masker medis.

Bantuan itu diserahkan kepada para RW didampingi Posko Tangguh masing-masing, disaksikan Lurah Siwalankerto dan LPMK. Saat ini sedang diproses bantuan sekitar 3.000 paket makanan untuk para Isoman yang dijadwalkan disalurkan melalui PKK dengan memberdayakan UMKM kuliner di kawasan Siwalankerto.

Saat acara silahturahmi secara daring berlangsung, Bakrie Ketua LPMK Siwalankerto menyampaikan terima kasih. “Kami sangat berterima kasih atas bantuannya. Awalnya memang kami akan mengajukan permintaan dan direspon sangat cepat oleh UK Petra dan digabung dalam acara WGG mahasiswa baru UK Petra. Pemberian ini sangat tepat sesuai kebutuhan kami,” ujar Bakrie.

Kegiatan Orientasi Mahasiswa Baru gelar aksi sosial Welcome Grateful Generation (WGG) UK Petra, dihadiri R. Arja Sadjiarto Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan UK Petra, Yulius Jogi Christiawan Ketua SC WGG 2021, perwakilan RW Siwalankerto, panitia WGG 2021, dan Poedi Wartono sebagai perwakilan LPPM UK Petra.

Para mahasiswa yang tergabung dalam kepanitiaan WGG UK Petra itu berkoordinasi dan berkolaborasi dengan LPPM UK Petra. Di tengah kesibukan mempersiapkan WGG UK Petra, panitia mahasiswa menyiapkan banyak hal, mulai target kepedulian, konsep kepedulian, desain packing, desain masker khusus dengan hashtag #BangkitBersamaUKP hingga pemilihan dan pembelian barang.

“Kami sangat bahagia bisa membantu warga sekitar Siwalankerto yang terkena dampak Covid-19 meski membuat kami sibuk. Tapi pengalaman ini sangat berharga. Sebab ini adalah masalah kita bersama yang harus kita bantu bersama-sama,” pungkas Tiffany Aurelia Ongkojoyo Ketua WGG UK Petra tahun 2021.(tok/tin/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
25o
Kurs