Jumat, 26 April 2024

Pasien Covid-19 di Hotel Asrama Haji Surabaya Tersisa 43 Orang

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Sejumlah warga yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 saat dipulangkan dari tempat karantina di Asrama Haji Surabaya, Kamis (2/6/2020). Foto: Humas Pemkot Surabaya

Jumlah pasien Covid-19 yang diisolasi di Hotel Asrama Haji (HAH), Sukolilo, Kota Surabaya per tanggal 15 Maret 2021 hanya tersisa 43 orang.

Sugianto Kepala Asrama Haji Surabaya mengatakan, jumlah ini sudah berkurang jauh jika dibandingkan jumlah pasien per tanggal 21 Februari 2021 yang berjumlah 353 orang.

“Kami mengapresiasi semua unsur Pemerintah Kota Surabaya. Kesabaran dan keramahan mereka menambah imun pasien sehingga cepat sembuh,” kata Sugianto kepada Radio Suara Surabaya, Senin (15/3/2021).

Dia menceritakan, rata-rata tamu HAH (pasien Covid-19) begitu bicara bagaimana cara meningkatkan imun, rata-rata memesan makanan secara online. “Rata-rata, setiap sepuluh menit ada yang mengantarkan makanan,” tuturnya.

Sebenarnya, Pemerintah Kota Surabaya sudah menyediakan makanan tiga kali sehari. Sebelum makanan dibagikan, ada tim Dinas Kesehatan yang memeriksa. “Awalnya petugas mendatangi setiap kamar, ketemu pasien, kontak, ada risiko. Jadi di rapat gugus tugas kami usul ditaruh lobi, diklakson.”

Menurut Sugianto selama setahun HAH digunakan sebagai tempat isolasi pasien Covid-19 tanpa gejala dan gejala ringan, pegawainya tidak ada yang terpapar. Upaya pencegahaan penularan Covid-19 yang utama adalah taat protokol kesehatan

“Alhamdulillah sudah setahun berdampingan dengan penderita Covid-19 tidak ada satu pun yang tertular karena menerapkan protokol kesehatan ketat dan separuh masuk separuh libur. Pemeriksaan swab dilakukan setiap 10 hari sekali karena masuk kontak erat,” kata dia.

Hal yang penting selain menjalankan prokes ketat, menurut Sugianto adalah menjaga imun. “Di Asrama Haji ada slogan harus gembira. Saya selalu memotivasi jangan abai. Kalau ada yang agak capai atau kurang sehat, saya suruh istirahat.”(iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
25o
Kurs