Selasa, 18 Januari 2022

Pasukan Bantuan dari Polda untuk Lumajang Terkendala Jembatan Putus

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Jembatan Gladak Perak di Kec. Ponojiwo putus akibat guguran lava pijar erupsi Gunung Semeru, Sabtu (4/12/2021). Jembatan ini merupakan penghubung jalan nasional antara Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Foto: Istimewa

Polda Jatim mengirimkan dua satuan setingkat kompi (SSK) personel Polda Jatim untuk membantu Polres Lumajang menangani dampak Erupsi Semeru, Sabtu (4/12/2021).

Komisaris Besar Gatot Repli Handoko Kabid Humas Polda Jatim mengatakan, ada dua SSK setara 200 personel yang dikirim ke Lumajang.

“Satu SSK dari Satuan Brimob, satu SSK lainnya dari Samapta Polda Jatim,” ujarnya kepada suarasurabaya.net, Sabtu malam.

Baca juga: BNPB Kirim Tim Reaksi Cepat dan Logistik Bantu Pengungsi Erupsi Semeru

Gatot memastikan, para personel sudah berangkat menuju ke Lumajang. Tapi perjalanan mereka terkendala akses jalan yang terputus.

Gatot membenarkan, jembatan Gladak Perak yang merupakan satu-satunya akses ke Kecamatan Pronojiwo rusak akibat bencana di Lumajang.

“Karena harus dialihkan, terpaksa pasukan yang juga membawa peralatan tenda darurat dan bantuan untuk warga harus berputar lewat Malang Selatan,” kata Gatot.

Baca juga: Satu Meninggal Dampak Erupsi Semeru, Evakuasi Terhambat Lumpur

Adapun tugas personel Polda Jatim yang diperbantukan ke Lumajang, selain membantu mendirikan dapur umum juga mengevakuasi masyarakat terdampak.

Gatot menyampaikan, saat ini terkonfirmasi sudah ada sejumlah tempat pengungsian bagi masyarakat terdampak erupsi di Lumajang.

Berdasarkan data yang dia terima, lokasi pertama ada di pertigaan Jalan Pronojiwo, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo.

Kemudian di Balai Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro. Juga di Balai desa Kamarkajang, Candipuro.

Sebelumnya, Kapolres Lumajang menyebutkan, ada kurang lebih 15 warga setempat yang mengungsi di Kantor Polsek Candipuro.

Baca juga: Terdengar Suara Ledakan Saat Semeru Erupsi

Selain itu, sore tadi, ada sekitar 100 orang warga setempat yang mengungsi di Pos Pantau Gunung Sawur, Tempat Pemantauan Semeru.

Berdasarkan proses asesmen gabungan pihak terkait, termasuk pihak kepolisian, ada sejumlah bantuan yang dibutuhkan masyarakat Lumajang.

Di antaranya masker, pakaian layak pakai, makanan dan minuman siap saji, jas hujan, terpal, juga selimut.(den/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Surabaya
Selasa, 18 Januari 2022
32o
Kurs