Sabtu, 27 April 2024

Pemerintah Klaim Kasus Covid-19 di DKI Jakarta, Jateng dan Jatim Turun

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Luhut Binsar Panjaitan sekaligus Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Pulau Jawa dan Bali. Foto: Youtube Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI

Luhut Binsar Pandjaitan ​​​​​Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi menyebut terjadi tren penurunan kasus Covid-19 yang signifikan di DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

“Saya minta pada teman-teman sekalian, meskipun ada penurunan dibandingkan dengan minggu pertama penerapan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat), tren penurunan mobilitas dan aktivitas tetap harus dipertahankan,” kata Luhut dalam keterangan tertulis yang dikutip Antara, Sabtu (24/7/2021).

Dia mengatakan tren penurunan kasus itu terjadi sejak minggu pertama PPKM, namun dia tidak merinci berapa persen penurunannya.

Luhut yang juga Koordinator PPKM Jawa-Bali itu mengungkapkan, upaya mempertahankan penurunan mobilitas dan aktivitas akan mendorong penurunan kasus. Hal tersebut didasari pada variabel laju transmisi kasus, respons kesehatan, dan kondisi sosiologis masyarakat.

Oleh karena itu, dia meminta semua kepala daerah di wilayah Jawa dan Bali untuk terus memperketat dan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai protokol kesehatan.

Selain memaparkan tren penurunan indeks komposit yang signifikan pada wilayah DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, dia juga mengeklaim sebagian besar wilayah telah melewati puncak kasus dan mulai mengarah ke penurunan.

Namundia mengkhawatirkan tingginya angka kematian yang masih harus diwaspadai.

“Terkait Daerah Istimewa Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, saya minta buatkan laporan khusus penyebab tingginya angka kematian, berikan juga usulan upaya untuk menurunkan angka kematian tersebut,” katanya.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
28o
Kurs