Sabtu, 23 Oktober 2021

Permintaan Plasma Konvalesen Turun, Stok Aman di PMI Surabaya

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pelaksanaan donor plasma konvalesen di kantor UDD PMI Surabaya. Saat ini, stok aman. Foto: Totok suarasurabaya.net

Permintaan plasma konvalesen di PMI Surabaya, mulai menurun dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya. Stok persediaan plasma konvalesen aman.

“Catatan kami memang terjadi penurunan permintaan plasma konvalesen beberapa hari ini. Permintaan dari masyarakat terus menurun. Dibanding sebelumnya, hari-hari ini memang turun jumlahnya. Kalau stok persediaan aman,” terang dr. Martono Adi Kabag Humas dan Layanan PMI Surabaya, Sabtu (11/9/2021).

Beberapa waktu lalu, permintaan plasma konvalesen di PMI Surabaya, setiap hari rata-rata 100 permintaan.

Bahkan pernah beberapa kali lebih dari 100 permintaan, dan dari jumlah permintaan itu, PMI Surabaya mencatat sekurangnya 500 permintaan belum seluruhnya terlayani.

“Karena stok persediaan plasma konvalesen juga minim. Bahkan kosong. Karena itu, permintaan dari masyarakat ketika itu belum bisa kami layani. Rata-rata sehari minum 100 permintaan, dan perolehan plasma konvalesen ketika itu sangat minim. Sehingga tidak bisa maksimal melayani masyarakat,” tambah Martono.

Saat ini, permintaan plasma konvalesen, lanjut Martono di kisaran 10 permintaan saja. Sedangkan jumlah stok perolehan donor plasma konvalesen setiap hari mengalami peningkatan.

Kondisi ini tentunya harus disyukuri, mengingat beberapa waktu sebelumnya terjadi peningkatan permintaan tetapi stok plasma konvalesen justru kosong.

“Stok persediaan plasma konvalesen lumayan banyak. Namun demikian, kami tetap melayani warga masyarakat khususnya penyintas Covid-19 yang akan mendonorkan plasma konvalesen. Kami berharap stok persediaan plasma konvalesen tetap aman, dan permintaan menurun,” ujar Martono. (tok/tin/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Muat BBM Terbakar di Tol Pandaan

Truk Terguling di Lawang Malang

Truk Terguling Menimpa Taksi di Medaeng

Surabaya
Sabtu, 23 Oktober 2021
31o
Kurs