Rabu, 27 Oktober 2021

Pesan Ma’ruf Amin sampai Puan Maharani untuk Mahasiswa Baru Unesa

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ma'ruf Amin Wakil Presiden RI menghadiri dan memberikan sambutan secara virtual acara Pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) 2021 yang dilaksanakan di Graha Unesa, Senin (23/8/2021). Foto: Humas Unesa

Sejumlah pejabat tinggi negara mulai dari Wakil Presiden, MPR, DPR RI, menteri, DPD RI, hingga pimpinan daerah hadir serentak secara virtual pada acara Pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) 2021 yang dilaksanakan di Graha Unesa, Senin (23/8/2021).

Mahasiswa baru Unesa tahun ini berjumlah 6.185 orang. Mereka berasal dari 34 provinsi Indonesia dan istimewanya juga ada 143 mahasiswa asing yang berasal dari berbagai negara, seperti Filipina, Mongolia, Mesir, Thailand, Uzbekistan, Irak, Afghanistan, Myanmar, Korea Selatan, Jepang, Australia, China, Sudan, Somalia, Timor Leste, Polandia dan Rusia.

Prof. Dr. (HC) K.H. Ma’ruf Amin Wakil Presiden RI mula-mula mengucapkan selamat datang di Unesa kepada para mahasiswa baru. Untuk diterima di perguruan tinggi sekelas Unesa tidaklah mudah, karena harus bersaing dengan ratusan ribu peserta lainnya. “Kalian (mahasiswa, red) kelompok elit dalam masyarakat, kalian adalah para juara di mana bangsa menaruh harapan besar untuk masa depan Indonesia,” ujarnya.

Saat ini pemerintah menempatkan pembangunan SDM unggul sebagai prioritas nasional. SDM unggul adalah SDM yang sehat, cerdas, produktif untuk mendatangkan manfaat buat bangsa, mampu berkompetisi, cinta Tanah Air, dan berakhlak mulia. Itu merupakan kunci bagi Indonesia dalam memenangkan persaingan global.

“Sekali lagi selamat bergabung dan mengembangkan diri dengan Unesa, kampus kebanggaan. Jadilah agen perubahan berkemampuan global dan beridentitas ‘lokal’ seperti yang dicontohkan Presiden Ketiga Indonesia B.J. Habibie yang dijuluki otak Jerman berhati Mekkah,” ucapnya.

Pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) UNESA 2021 yang dilaksanakan di Graha Unesa, Senin (23/8/2021). Foto: Humas Unesa

Sementara itu, Bambang Soesatyo, S.E., M.B.A. Ketua MPR RI menaruh harapan besar terhadap mahasiswa baru yang datang dari berbagai daerah di seluruh Indonesia bahkan mahasiswa asing dari berbagai negara itu. Maba adalah bagian dari generasi penting bangsa, khususnya sebagai potensi, sumber inovasi, berkemampuan teknologi memadai yang dapat mendukung kinerja pemerintah dan Negara. “Jadilah generasi yang berkualitas di bidang akademik, berkarakter Indonesia dan berhati Pancasila,” pesannya.

Dalam konsepsi pembangunan nasional, mahasiswa adalah aset, potensi, dan investasi penting bagi bangsa dan negara untuk melangkah ke depan menuju kemajuan peradaban dunia. “Di tangan kalianlah, wajah dan gambaran masa depan Indonesia ditentukan. Kepada kalianlah akan kami titipkan nasip dan masa depan bangsa Indonesia,” pesannya lagi.

Dr. (HC) Puan Maharani, S.Sos. Ketua DPR RI menyambut mahasiswa dengan sukacita. Banyak yang menyebut, generasi mahasiswa saat ini adalah generasi Z yang dalam susunan alphabet sebagai generasi terakhir. Namun, menurutnya, gen Z sebagai titik awal baru bagi perjalanan bangsa Indonesia.

“Di umur Indonesia yang ke-100, atau di tahun 2045 nanti, adek-adek yang akan jadi decision maker, mengambil keputusan penting yang akan membentuk masa depan Indonesia,” ujarnya. “Generasi kalian adalah generasi terbaik bangsa yang bisa membawa Indonesia semakin berjaya di tingkat dunia,” harapnya.

Kunci kejayaan Indonesia pada tahun 2045 mendatang, kata AA La Nyala Mahmud Mattalitti Ketua DPD RI, adalah ditentukan mulai saat ini. Karena itu, perlu menanamkan rasa bangga, sekaligus optimisme di dada. “Kalianlah generasi emas Indonesia, generasi yang menatap masa depan dengan semangat, kreatif dan cerdas. Laksanakan tiga kewajiban (Tridarma PT, red) dengan sebaik-baiknya, saat ini memanggil dan membutuhkan kalian,orang muda yang mampu berkontribusi untuk bangsa dan Negara di tengah perubahan global dan dunia baru,” katanya.

Pesan dan harapan juga datang dari Prof. Dr. Muhadjir Effendy,M.A.P. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI. Ia mengatakan, kampus dan mahasiswa adalah bagian dari penggerak revolusi mental Indonesia. Revolusi mental merupakan perubahan yang bersifat cepat dan massif, meliputi cara berfikir, bersikap dan bertindak dan berorientasi pada kemajuan.

Hal-hal yang terkandung di dalamnya meliputi nilai integritas, etos kerja dan gotong royong yang merupakan nilai luhur warisan bangsa dan menjadi akar tumbuh kembangnya budaya Indonesia. Dalam mendukung Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM), ada lima fokus yang perlu dilaksanakan yakni gerakan Indonesia melayani, gerakan Indonesia bersih, gerakan Indonesia tertib, gerakan Indonesia mandiri dan gerakan Indonesia bersatu. “Ini bisa terwujud dengan kolaborasi dari semua agen perubahan semua lembaga negara, termasuk perguruan tinggi dan peran mahasiswanya sebagai salah satu kuncinya,” harapnya.

Prof. Dr. Nurhasan,M.Kes Rektor Unesa pada kesempatan itu mengatakan bahwa menjadi mahasiswa Unesa tidak boleh biasa-biasa saja. Namun, harus menjadi generasi atau pemuda yang istimewa; memiliki semangat dalam mengembangkan diri, melahirkan ide kreatif dan inovatif untuk memberikan yang terbaik bagi orang tua, almamater, masyarakat dan negara bahkan dunia. “Bermimpilah setinggi langit, belajarlah semaksimal mungkin, MBKM Unesa memfasilitasi, dan mari berkontribusi untuk tanah air,” ajaknya memotivasi.

Dalam program Indonesia Menyapa ini, pemateri dari berbagai unsur penting negara dan daerah juga hadir, di antaranya Menko Kemaritiman dan Investasi, Menko Polhukam, Menko Ekonomi, Mendagri, Menpora, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Menteri Ketenagakerjaan, Menparekraf, Kepala BNPT, Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Gubernur Jawa Tengah, Ketua Umum PBNU, dan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Selain itu, juga hadir para bupati dan wali kota dan jajaran para tokoh. (iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Muat BBM Terbakar di Tol Pandaan

Truk Terguling di Lawang Malang

Truk Terguling Menimpa Taksi di Medaeng

Surabaya
Rabu, 27 Oktober 2021
28o
Kurs