Sabtu, 27 April 2024

Plasma Konvalesen Kosong, 330 Lebih Permintaan di PMI Surabaya Belum Terlayani

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Donor plasma konvalesen di PMI Surabaya setelah penyintas COVID-19 mengikuti pemeriksaan kesehatan. Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net

Sampai Rabu (23/6/2021) sudah sekitar 330 lebih permintaan plasma konvalesen dari masyarakat di PMI Surabaya belum terlayani. Plasma konvalesen masih kosong.

“Sekitar pukul 12.00 tadi ada sekitar 15 penyintas yang donor plasma konvalesen. Sebelumnya memang belum ada pendonor. Sejak beberapa waktu lalu permintaan terus meningkat, tapi jumlah pendonor minim sekali,” terang dr. Martono Adi Kabag Pelayanan dan Humas PMI Surabaya, Rabu (23/6/2021).

Dari sekitar 45 penyintas Covid-19 yang hari ini mendonorkan plasmanya di PMI Surabaya artinya terkumpul sekitar 45 bags plasma konvalesen. Dari perolehan donor itu langsung didistribusikan pada daftar permintaan dari masyarakat. “Langsung habis. Tidak tersisa,” tambah dr. Martono.

Oleh karena itu, dr. Martono berharap warga masyarakat khususnya mereka yang membutuhkan plasma konvalesen dan telah mendaftarkan diri di PMI Surabaya untuk bersabar mendapatkan layanan. Hal ini terkait dengan masih belum adanya plasma konvalesen di PMI Surabaya.

Syarat utama dan terpenting bagi mereka yang akan mendonorkan plasma konvalesen adalah pernah terpapar Covid-19 dan sudah dinyatakan sembuh oleh dokter. “Itu yang utama. Tetapi ada syarat lain yang juga wajib dilakukan penyintas Covid-19 yang akan mendonorkan plasma konvalesen, yaitu pemeriksaan kesehatan,” tegas dr. Martono.

Memang ada penyintas Covid-19 yang bisa beberapa kali mengikuti donor plasma konvalesen. Tetapi tidak sedikit juga penyintas Covid-19 yang hanya bisa melaksanakan sekali saja donor plasma konvalesen. “Karena kondisi kesehatan maupun fisik setiap penyintas tidak sama,” pungkas dr. Martono. (tok/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs