Jumat, 29 Maret 2024

Risma Cerita Perjuangan Bung Karno Bangun GBK

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan

Tri Rismaharini Ketua DPP PDI Perjuangan menceritakan tentang kompleks olahraga Gelora Bung Karno. Risma mendapat cerita bersejarah dari Megawati Soekarnoputri Ketua Umum.

Kepada Risma, Megawati bercerita, bahwa saat kecil sering diajak berkeliling GBK oleh Bung Karno, Presiden RI.

“Ibu (Megawati) cerita saat kecil, ibu sering diajak ke sini oleh Presiden Soekarno. Jadi beliau cerita, tentang GBK ini,” kata Risma usai menanam pohon yang digelar PDI Perjuangan di Hutan Kota GBK Senayan, Jakarta, Minggu (21/3/2021).

Dari cerita itu, Risma yang bersamaan ikut menanam pohon di Hutan Kota GBK, merasa terpanggil. Selain karena hobinya menanam pohon, juga karena mendapat cerita dari Megawati dari sisi kesejarahan.

Risma menganggap, perjuangan Bung Karno luar biasa mencetuskan dan membangun GBK. Dulunya, kompleks seluas 284 hektare ini dibangun pada masa Bung Karno ketika Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 1962.

Kini GBK, tidak hanya jadi sarana olahraga, tapi telah dimanfaatkan sebagai ruang terbuka hijau yang bisa dinikmati banyak orang.

“Kita bisa menikmati kawasan GBK sangat indah, yang mungkin sangat sulit ditemukan di Ibu Kota,” ujar Risma yang juga Menteri Sosial ini.

Pada kesempatan itu, Risma juga mengucapkan terima kasih kepada Pratikno Menteri Sekretaris Negara. Sebab pengelolaan GBK di bawah kendali Kementerian Sekretaris Negara, para pengurus PDIP diberikan lahan agar menanam pohon.

Bersama Risma menanam pohon, hadir juga kader PDIP seperti Yasonna Laoly Menteri Hukum dan HAM, Ahmad Basarah Wakil Ketua MPR, Utut Adianto Ketua Fraksi PDIP di DPR dan Ribka Tjiptaning Ketua DPP PDIP Bidang Sosial. Sebanyak 300 pohon ditanam, diantaranya Baobab, Ebony, Merak, Pule. Dan ada pula berbagai jenis bunga, salah satunya mawar merah.

Semua tanaman tersebut diketahui kiriman dari Megawati Soekarnoputri yang kemudian kader menanamnya di Gelora Bung Karno.(faz/bid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
31o
Kurs