Selasa, 20 April 2021

RS RKZ Sementara Tidak Terima Pasien Covid-19

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Rumah Sakit Katolik St. Vincentius a Paulo (RKZ) Surabaya. Foto: RKZ

Manajemen Rumah Sakit Katolik St. Vincentius a Paulo (RKZ) Surabaya pada Sabtu (2/1/2021) pukul 18.00 WIB memutuskan sementara tidak menerima pasien Covid-19 baik itu suspek atau sudah terkonfirmasi sampai ada pemberitahuan lebih lanjut.

Dokter Agung Kurniawan Humas Rumah Sakit RKZ Surabaya mengatakan, direksi memutuskan penutupan sementara itu karena fasilitas di RKZ sudah penuh.

“Untuk saat ini fasilitas rawat inap kami bisa menampung 43 sampai 45 pasien. Sekarang penuh semua sampai ICU Covid-19. Sementara itu sampai sore tadi di IGD ada 9 pasien Covid-19 yang tidak bisa kita masukkan, dirujuk pun juga tidak bisa karena sama-sama penuh. Akhirnya mau tidak mau kita tutup dulu sampai kita lihat perkembangannya bagaimana,” ujarnya kepada Radio Suara Surabaya, Sabtu pukul 21.21 WIB.

Menurut dokter Agung, rumah sakit rujukan Covid-19 lainnya di Kota Surabaya juga penuh.

“Setiap kali ada pasien Covid-19, kita koordinasi dengan jejaring yang dibuat RS Lapangan. Namanya Covid-19 book. Kebanyakan hari ini sudah penuh semua. Kalau ada yang kosong kan kami masih bisa merujuk,” kata dr. Agung.

Sementara untuk pasien gawat darurat Non Covid-19 masih bisa diterima di IGD RKZ meski kapasitasnya juga jadi terbatas karena tersita yang untuk Covid-19.

Dengan situasi seperti ini, dokter Agung mengimbau masyarakat agar jangan kendor menerapkan protokol kesehatan Covis-19. (iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Asap Kebakaran Semolowaru

Kecelakaan di Lawang

Truk Bermasalah di Trosobo

Eh Eh, Capek. Istirahat Dulu

Surabaya
Selasa, 20 April 2021
31o
Kurs