Jumat, 25 Juni 2021

Salat Idulfitri di Masjid Agung Sunda Kelapa Berlangsung Khidmat dan Tertib Prokes

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jemaah pria melaksanakan Salat Idulfitri di Masjid Agung Sunda Kelapa, Jakarta, Kamis (13/5/2021), dengan menerapkan protokol kesehatan. Foto: Farid suarasurabaya.net

Pelaksanaan ibadah salat Idulfitri 1442 Hijriah di Masjid Agung Sunda Kelapa, Jakarta, pagi hari ini, Kamis (13/5/2021), berlangsung khidmat.

Seluruh jemaah peserta ibadah juga tertib, dan disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Pantauan di lokasi, Salat Idulfitri dimulai pukul 07.05 WIB. Sekitar 1500 jemaah laki-laki dan perempuan melaksanakan ibadah di dalam dan juga halaman masjid dengan memakai masker, serta menjaga jarak fisik.

Sesudah salat, sebagian besar jemaah tetap bertahan di masjid, mendengarkan khutbah yang disampaikan Jimly Asshiddiqie Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari Provinsi DKI Jakarta.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu menyampaikan ceramah dengan tema Menjemput Kemenangan di Tengah Krisis.

Tema itu diangkat untuk memotivasi seluruh Umat Islam khususnya jemaah yang Salat Id di Masjid Agung Sunda Kelapa, tetap semangat menjalani hidup dan bersyukur atas segala kenikmatan di tengah keterbatasan akibat Covid-19.

Sesudah ceramah selesai, para jemaah tertib mengantre keluar area masjid, di pintu yang sudah disiapkan panitia.

Jemaah tertib mengantre keluar dari Masjid Agung Sunda Kelapa, Jakarta, sesudah melaksanakan Salat Idulfitri 1442 Hijriah, Kamis (13/5/2021). Foto: Farid suarasurabaya.net

Selain tertib, Ibadah Salat Idulfitri di Masjid Agung Sunda Kelapa juga aman dari gangguan keamanan. Aparat Kepolisian, TNI dan Polisi Pamong Praja terpantau menjaga sekitar area masjid.

Sebelumnya, Setyanto Santosa Ketua Dewan Pengurus Masjid Agung Sunda Kelapa mengatakan, tahun ini pertama kalinya Masjid Agung Sunda Kelapa menggelar salat Idulfitri di masa pandemi.

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, pelaksanaan Salat Idulfitri wajib menerapkan protokol kesehatan.

Jumlah jemaah yang hadir juga dibatasi sekitar 50 persen dari total kapasitas empat ribuan orang.

Kemudian, untuk menjamin tertibnya pelaksanaan Salat Idulfitri, panitia melibatkan Remaja Islam Sunda Kelapa dan anak-anak asuh Masjid Agung Sunda Kelapa yang sudah berusia remaja.(rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran di Tanjungsari

Kemacetan di Tol Waru arah Dupak

Gerhana Bulan Total di Waru

Surabaya
Jumat, 25 Juni 2021
30o
Kurs