Sabtu, 4 Desember 2021

Sambut PTM Jenjang PAUD, UNESA Latih Pendidik Pos PAUD Terpadu Membuat Lagu

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Jurusan PGPAUD Unesa melakukan pelatihan membuat lagu jelang PTM jejang PAUD. Foto: Humas Unesa

Jurusan PGPAUD Universitas Negeri Surabaya (Unesa) mengadakan pelatihan bernyanyi dan membuat lagu anak untuk para bunda dan yanda Pos PAUD Terpadu Kota Surabaya, yang mana kegiatan itu bertujuan untuk menyambut Pertemuan Tatap Muka (PTM) untuk jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Dra. Nurhenti Dorlina Simatupang, M.Sn sebagai salah satu anggota tim penyelenggara kegiatan, menyatakan bahwa pelatihan tersebut melibatkan sekitar 40 peserta yang terdiri dari 38 bunda dan 2 yanda Pos PAUD Terpadu.

Kegiatan dilaksanakan Sabtu (16/10/2021) selama dua sesi yaitu pagi dan siang. Selama pelatihan peserta diajak untuk membuat lagu khusus untuk anak-anak yang dibimbing oleh pemateri.

Setelah membuat lagu, peserta juga bernyanyi bersama dengan diiringi nada piano. Sebagai tugas akhir sesi, peserta diharuskan membuat syair lagu.

“Bukan lagu-laguan, tetapi lagu anak benaran, yang nantinya digunakan untuk menyambut PTM,” kata Nurhenti dalam siaran pers yang diterima suarasurabaya.net, Senin (18/10/2021).

Menurut Nurhenti dengan metode bernyanyi membuat pembelajaran di tingkat bagi anak PAUD jadi menyenangkan dan tidak membosankan.

Bunda Mutmainnah atau yang biasa disapa Bunda Lin selaku pengurus sekaligus salah satu yang berperan penting di balik pengembangan Pos PAUD Terpadu Surabaya mengapresiasi pelatihan tersebut.

“Dengan pelatihan inovasi pembuatan lagu anak ini, nantinya dihatrapkan bisa mendorong para pendidik PAUD menjadi kreatif membuat lagu dan lagu-lagu anak sehingga di tempat-tempar belajar akan semakin interaktif dan aktif,” ujar Bunda Lin

Menurutnya, dunia belajar anak sangat lekat dengan bermain dan bernyanyi. Pendidik harus bisa dan punya sensitivitas dan kreativitas di bidang itu. “Agar kreatif, tentu kita harus terus belajar dan berlatih,” tandasnya.

Pelatihan pembuatan lagu yang merupakan bagian dari PKM PGPAUD Unesa itu sangatlah penting, agar pembelajaran metode bernyanyi semakin variatif dan mampu membangkitkan motivasi anak dalam belajar.

“Apalagi pas PTM pertama, lagu penting untuk menyambut dan memberi kesan yang menyenangkan untuk anak setelah sekian lama bertatap maya,” tutur Bunda Lin.(wld/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Sabtu, 4 Desember 2021
30o
Kurs