Selasa, 7 Desember 2021

Sebanyak 1,5 Juta Dosis Vaksin Sinopharm untuk Vaksinasi Gotong Royong Datang Lagi

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi. Sebanyak 1,4 juta dosis Vaksin Covid-19 Sinopharm, tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (13/7/2021). Foto: dok/Biro Pers Setpres

Indonesia kembali mendapat tambahan 1,5 juta dosis Vaksin Covid-19 Sinopharm dari China, Jumat (30/7/2021) siang. Vaksin ini akan dipakai untuk Program Vaksinasi Gotong Royong.

Sekitar pukul 13.45 WIB, pesawat khusus yang mengangkut jutaan dosis vaksin dalam kemasan 750 ribu vial, mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Pahala Nugraha Mansury Wakil Menteri BUMN mengatakan, dengan tambahan yang diterima hari ini, sampai sekarang Indonesia sudah menerima sekitar tujuh juta dosis Vaksin Sinopharm dari 15 juta dosis yang dipesan.

Menurut Pahala, pengadaan Vaksin Sinopharm merupakan bagian dari upaya mempercepat terciptanya kekebalan kelompok terhadap Virus Corona.

Dia menegaskan, ketersediaan vaksin penting untuk mencapai target yang diminta Joko Widodo Presiden, dua juta dosis pentuntikan per hari mulai bulan Agustus 2021.

“Hari ini kita kembali kedatangan vaksin Covid-19 sebanyak 1,5 juta dosis atau setara 750 ribu vial produksi Sinopharm. Tambahan 1,5 juta dosis vaksin yang kita terima hari ini merupakan bagian dari Program Vaksinasi Gotong Royong,” ujarnya dalam keterangan pers virtual.

Sekadar informasi, tahun ini pemerintah pasang target menyuntikkan 20 juta dosis vaksin Covid-19 lewat Program Vaksinasi Gotong Royong.

Program Vaksinasi Gotong Royong diatur lewat Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021.

Dalam pelaksanaannya, perusahaan atau badan usaha membeli Vaksin Covid-19 lewat BUMN farmasi, lalu memberikan gratis kepada para pegawai dan keluarganya.

Sejauh ini, pemerintah sudah menetapkan empat merek vaksin yang bisa dipakai dalam Program Vaksinasi Gotong Royong.

Selain Sinopharm, ada CanSino dan Anhui Zhifei Longcom yang juga produk China, serta Sputnik V dari Rusia.(rid/tin/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Selasa, 7 Desember 2021
26o
Kurs