Jumat, 26 April 2024

Sebanyak 532 Pelaku Perjalanan dari Sumatera menuju Jawa Positif Covid-19

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Doni Monardo Ketua Satgas Penanganan Covid-19. Foto: Biro Pers Setpres

Satgas Penanganan Covid-19 menilai penyekatan mobilitas masyarakat yang diterapkan pemerintah pascalebaran Idulfitri tahun ini cukup efektif mencegah penyebaran Virus Corona.

Doni Monardo Ketua Satgas Penanganan Covid-19 mengambil contoh penyekatan yang dilaksanakan tim khusus di Provinsi Lampung.

Berdasarkan data per hari Minggu (23/5/2021), sebanyak 532 orang terdeteksi positif Covid-19, dari sekitar 260 ribuan orang akan menyeberang ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni.

Menurut Doni, mayoritas pelaku perjalanan yang positif terinfeksi Virus Corona tujuannya ke daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

“Jumlah itu diketahui berdasarkan hasil tes wajib dengan metode swab PCR yang dilaksanakan tim khusus di daerah Provinsi Lampung,” ujar Doni, Senin (24/5/2021), sesudah rapat kabinet terbatas, di Kantor Presiden, Jakarta.

Sekarang, ratusan orang yang positif Covid-19 itu menjalani perawatan di rumah sakit dan tempat isolasi yang disiapkan Pemerintah Daerah Provinsi Lampung.

Lebih lanjut, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 meminta masyarakat yang baru saja berkunjung ke daerah Pulau Sumatera melakukan karantina mendiri selama 5×24 jam.

Berdasarkan data, kasus Covid-19 di Sumatera mengalami peningkatan dalam waktu 1,5 bulan belakangan.(rid/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs