Sabtu, 4 Desember 2021

Stok PK dan Darah Aman, Kantong PK Masih Kritis di PMI Surabaya

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Penyintas Covid-19 melakukan donor plasma konvalesen di PMI Surabaya. Foto: Totok/dok. suarasurabaya.net
Stok persediaan plasma konvalesen (PK) dan stok persediaan darah, sampai Selasa (31/8/2021) di PMI Surabaya aman. Stok kantong PK belum ada tambahan. Masih kritis.
dr. Martono Adi Kabag Humas dan Layanan PMI Surabaya membenarkan bahwa stok PK dan stok darah memang cukup aman untuk memenuhi permintaan dari masyarakat. Selain jumlah permintaan tidak setinggi beberapa waktu sebelumnya jumlah pendonor mulai mengalami penambahan.
“Pendonor plasma konvalesen, saat ini trendnya mengalami peningkatan, dibandingkan beberapa waktu sebelumnya. Demikian juga dengan pendonor darah juga mengalami penambahan, sehingga stok persediaan masih cukup aman. Penyintas Covid-19 mulai bertambah jumlahnya yang donor, ” terang dr. Martono.
Sayangnya, kondisi itu tidak diikuti dengan ketersediaan kantong plasma konvalesen yang juga dibutuhkan oleh PMI Surabaya. Permintaan sudah dilayangkan pada PMI Pusat, tapi hingga saat ini masih belum ada  penambahan. Padahal sudah sekitar dua minggu permintaan kantong plasma konvalesen sudah dilayangkan ke instansi terkait di pusat.
“Kami berharap sesegera mungkin akan datang atau ada penambahan kantong plasma konvalesen. Sampai hari ini, jumlah kantong plasma konvalesen di tempat kami, di PMI Surabaya sudah sangat menipis, ” tambah Martono.
Kekosongan kantong plasma konvalesen dapat menimbulkan dampak bagi layanan permintaan dari masyarakat. Demikian juga bagi PMI Surabaya juga menimbulkan persoalan. “Sekarang ini penyintas yang mendonorksn plasma konvalesen, meningkat. Kalau kantong plasma kosong repot juga nanti, ” kata Martono.
Meski bukan yang pertama terjadi, lanjut Martono, persoalan kekosongan kantong plasma konvalesen saat ini juga akan jadi kendala. Khususnya bagi warga masyarakat yang tterpapar COVID-19, pasti akan terhambat layananannya. Karena itu  PMI Surabaya terus berkoordinasi dengan pusat agar penambahan kantong plasma konvalesen bisa segera direalisasikan.(tok/ipg)
Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Sabtu, 4 Desember 2021
29o
Kurs