Sabtu, 4 Desember 2021

Stok Plasma Konvalesen Kosong, Layanan Permintaan di PMI Surabaya Terkendala

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Donor plasma Konvalesen dilakukan di PMI Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Layanan permintaan plasma Konvalesen di PMI Surabaya terkendala, lantaran hingga Rabu (2/6/2021) stok plasma konvalesen masih belum normal. Stok masih kosong.

Triksi Hendra Kasi Humas PMI Surabaya membenarkan bahwa stok plasma konvalesen memang masih belum terpenuhi. Setiap kali ada pendonor perolehan plasma konvalesen langsung didistribusikan. Dan stok akhirnya kosong.

“Beberapa pendonor memang sudah hadir di sini. Tapi beberapa dari hasil pemeriksaan kesehatan belum layak melakukan donor. Jadi hanya ada beberapa pendonor saja yang lolos mengikuti donor plasma konvalesen,” terang Triksi Hendra, Rabu (2/6/2021).

Dari perolehan donor plasma konvalesen yang ada langsung didistribusikan pada masyarakat atau rumah sakit yang sudah melakukan permintaan melalui PMI Surabaya. Dan stok plasma Konvalesen akhirnya kosong.

Sejak Jumat (28/5/2021) lalu stok plasma Konvalesen di PMI Surabaya kosong. Permintaan terpaksa memang akhirnya terkendala. Namun demikian upaya tetap dilakukan agar stok plasma konvalesen masih tetap aman.

Kepada masyarakat, lanjut Triksi memang dipastikan wajib memenuhi sejumlah persyaratan, sebelum melakukan donor plasma konvalesen. Diantaranya adalah wajib pernah terpapar Covid-19, dan telah sembuh serta lolos pemeriksaan kesehatan awal.

“Setelah dinyatakan lolos pemeriksaan kesehatan awal, penyintas boleh mengikuti donor plasma konvalesen di kantor unit donor darah (UDD) PMI Surabaya. Hingga hari ini pelaksanaan donor plasma konvalesen di wilayah Surabaya hanya dilakukan di PMI Surabaya,” kata Triksi.

Sementara itu, ditambahkan Triksi jika kosongnya stok plasma konvalesen di PMI Surabaya berkepanjangan, akan berdampak pada layanan permintaan plasma konvalesen pada masyarakat. Sedangkan antrean layanan hingga hari ini terus bertambah.

“Seluruh permintaan plasma konvalesen dari masyarakat memang belum seluruhnya dapat terlayani. Sedangkan permintaan plasma konvalesen di PMI Surabaya juga terus mengalami peningkatan. Setiap hari rata-rata ada saja pertambahan permintaan plasma konvalesen,” pungkas Triksi. (tok/frh/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Sabtu, 4 Desember 2021
32o
Kurs