Minggu, 5 Desember 2021

Stok Aman, PMI Surabaya Buka Layanan Donor Darah dan Plasma Konvalesen

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pemeriksaan kesehatan sebelum donor darah. Foto: Totok suarasurabaya.net

Setelah libur Lebaran 2021, Senin (17/5/2021) stok darah dan plasma Konvalesen di PMI Surabaya aman. Layanan donor tetap dibuka untuk masyarakat umum.

Triksi Hendria Kasie Humas UDD PMI Surabaya menyampaikan bahwa stok persediaan darah memang sudah sesuai perencanaan. Perolehan darah dari kegiatan Donor Darah Ramadhan yang memang berlimpah terbukti bisa untuk stok selama libur Lebaran 2021.

“Terbukti stok memang masih aman sampai libur Lebaran selesai. Perolehan dari Donor Darah Ramadhan cukup untuk stok persediaan. Dan layanan memang tetap kami buka bagi masyarakat yang ingin donor darah maupun plasma Konvalesen,” terang Triksi Hendria.

Namun demikian, lanjut Triksi pihaknya tetap membuka layanan donor darah dan plasma Konvalesen bagi masyarakat yang ingin berdonor. Layanan dibuka di kantor Unit Donor Darah (UDD) PMI Surabaya, dengan prosedur protokol kesehatan yang cukup ketat. Mulai dari pemeriksaan kesehatan sampai pelaksanaan donor tetap dengan kewajiban protokol kesehatan.

“Meskipun aktivitas masih belum normal, tetapi untuk layanan donor darah maupun plasma Konvalesen tetap dibuka untuk masyarakat. Jangan khawatir karena kami juga terapkan protokol kesehatan ketat bagi pendonor maupun dari petugas kami. Wajib protokol kesehatan,” pungkas Triksi.

Demikian juga untuk layanan donor plasma Konvalesen tetap dibuka bagi masyarakat umum maupun penyintas Covid-19 yang ingin mendonorkan plasma Konvalesen.

Beberapa waktu sebelumnya sempat terjadi kekosongan stok persediaan darah di PMI Surabaya. Kosongnya stok darah berdampak terhambatnya layanan permintaan darah. Dan oleh karena itu stok persediaan darah perlu dijaga agar tidak sampai kosong. (tok/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Minggu, 5 Desember 2021
30o
Kurs