Jumat, 26 April 2024

Libur Lebaran, PMI Surabaya Tetap Layani Pendonor Plasma Konvalesen dan Donor Darah

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Donor plasma Konvalesen di UDD PMI Surabaya, dilakukan penyintas. Foto: Totok suarasurabaya.net

Meskipun sampai Senin (10/5/2021) persediaan plasma konvalesen dan darah di PMI Surabaya dinyatakan aman, saat libur lebaran nanti dipastikan tetap melayani warga masyarakat atau pendonor yang akan mendonorkan plasma konvalesen maupun donor darah.

Triksi Hendria Kasie Humas UDD PMI Surabaya menyampaikan bahwa saat libur Lebaran tahun ini yang masih dalam situasi pandemi Covid-19, layanan donor tetap buka di PMI Surabaya. Hanya jam operasional layanan saja yang berubah.

“Kalau pada hari biasa, donor darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI Surabaya buka 24 jam, saat libur Lebaran nanti mulai jam 7 pagi sampai dengan jam 8 malam. Layanan tetap buka dengan menerapkan aturan sesuai standar ditambah dengan aturan protokol kesehatan, ” terang Triksi Hendria, Senin (10/5/2021).

Pemeriksaan kesehatan awal tetap dilakukan saat masyarakat atau pendonor hadir dan ingin mendonorkan darah di PMI Surabaya. Wajib bagi setiap calon pendonor untuk ikut pemeriksaan awal tersebut seperti pada layanan donor sebelumnya.

“Karena itu, masyarakat atau pendonor darah maupun pendonor plasma Konvalesen, tidak perlu khawatir. Protokol kesehatan juga wajib dilakukan. Karena itu silakan hadir dan melakukan donor di PMI Surabaya nanti saat libur Lebaran,” pungkas Triksi.

Sementara itu, terkait stok persediaan darah maupun stok plasma Konvalesen di PMI Surabaya kata Triksi tercukupi sampai saat libur Lebaran nanti. “Namun demikian kami tetap buka layanan donor saat libur Lebaran,” pungkas Triksi. (tok/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs